Pojok Pantura

Manfaat Nanas Madu Untuk Amandel

PojokPantura.Com - Telah banyak dibicarakan manfaat nanas madu untuk kesehatan manusia oleh pojokpanura.com. Mulai dari manfaat nanas madu untuk menurunkan kolesterol sampai manfaat nanas madu untuk menunjang program diet. Dalam kesempatan kali ini, pojokpantura akan membahas mengenai manfaat nanas madu untuk amandel yang dirangkum dari berbagai sumber yang kredibel.

Nanas berjenis madu sudah tak asing lagi di telinga kita. Jenis nanas ini sudah masuk di segala pasar. Mulai dari pedagang buah kaki lima, pasar tradisional maupun modern semuanya hampir dipastikan ada penjual nanas madu. Fenomena itu pertanda bahwa nanas madu memang banyak peminatnya.

Ada berbagai alasan orang-orang mengkonsumsi nanas madu. Mulai dari ingin mengkonsumsinya secara segar sebagai hidangan penutup makan sampai dibuat olahan makanan seperti bihun nanas, roti lapis nanas, koktail nanas dan lain sebagainya. Ada juga yang memiliki niatan khusus, yakni sebagai solusi untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Ya betul, nanas madu banyak khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu khasiat yang banyak dipercayai masyarakat umum adalah mampu mengecilkan radang amandel yang diderita. Kebanyakan yang percaya ini adalah dari kalangan masyarakat tradisional atau desa. Karena memang informasinya sudah sejak dulu khasiat ini dirasakan.

Jika dilihat dari kandungan yang ada pada nanas madu, memang benar ada beberapa zat yang membuat manfaat nanas madu untuk amandel menjadi kempes dan hilang. Seperti kandungan buah pada umumnya, ternyata kandungan nanas madu juga banyak yang diperlukan oleh kesehatan manusia.

Penyakit amandel itu sendiri sebenarnya adalah terjadinya peradangan di kelenjar tonsil atau dalam dunua medis disebut tonsillitis yang berakibat pada pembesaran kelenjar getah bening. Penyebabnya bisa ada dua yakni virus influenza atau bakteri Streptrococcus. Perlu diketahui, kelenjar tonsil memiliki fungsi kerja yang begitu penting bagi tubuh manusia.

Tugas kelenjar tonsil adalah menangkis sekaligus membunuh kuman yang masuk dari pernapasan. Itu artinya kelenjar tonsil bertugas sebagai pertahanan tubuh. Maka tak heran jika orang yang sedang memiliki penyakit amandel, ia akan mengalami demam, batuk-pilek terus menerus dan mudah sakit.

Lebih susahnya lagi, jika orang terkena amandel, ia akan sulit untu menelan makanan yang mengakibatkan dirinya hanya bisa makan makanan yang direkomendasikan dokter saja. Penyakit amandel ini bisa menjangkit anak-anak dan dewasa. Penyakit amandel harus segera ditangani lebih lanjut, karena sudah dijelaskan mengenai pentingnya kelenjar tonsil itu. Jika tidak maka, akan mengundang berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh.

Sebenarna tak perlu khawatir jika kita kena amandelan. Karena kita punya berbagai cara untuk menyembuhkannya. Selain wajib pergi ke dokter, kita bisa mencoba mengkonsumsi nanas madu. Karena menurut penelitian, buah nanas madu memilik banyak zat vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh manusia, seperti bromelain dan vitamin C. Bromelain itu sendiri memiliki efek anti peradangan.

Memang benar, dibalik rasanya yang menyegarkan dan buahnya yang kaya serat, ternyata ada manfaat nanas madu untuk amandel. Diketahui, Salah satu daerah di Indonesia yang membudidayakan nanas madu adalah Belik Pemalang. Mandaat nanas madu untuk amandel ini juga sebab adanya kandungan zat mempunyai efek antiinflamasi. Sehingga dipercaya sangat bermanfaat untuk meredakan bengkak pada radang amandel.

Caranya pun simpel, hanya dengan ambil dua buah nanas madu matang, kupas lalu cuci bersih dengan memakai air bersih yang mengalir. Lalu nanas madu diparut, kemudian airnya diperas. Minumlah air perasan nanas ini 1/4 gelas sehari dua hingga tiga kali.

Baca Juga: Ini Dia 10 Manfaat Nanas Madu Untuk Kesehatan Manusia

Bila tidak telaten dengan cara diatas maka manfaat nanas madu bisa dirasakan dengan cara lainnya, yakni langsung dengan mengkonsumsi buah nanas ini setelah dikupas. Makan nanas yang cukup dan rutin sehari tiga kali siang, sore, malam agar amandel bisa segera sembuh.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait