Pojok Pantura

Nasional,

Demi Keselamatan, KEMENHUB Siapkan Aturan Bersepeda Tahun Depan

Pojok Pantura | PojokPantura.Com, Tegal – Sabtu (4/7/2020). Menjamurnya aktivitas bersepeda dibanyak daerah di Indonesia membuat Kementerian Perhubungan berpikir untuk menyiapkan aturan bersepeda dengan bentuk Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub). Aturan ini nantinya bertujuan untuk melindungi keselamatan bersepeda.

Ide pembuatan Permenhub ini dilatarbelakangi dengan banyaknya pesepeda yang menjadi korban kecelakaan kendaraan bermotor. Hal ini diungkapkan oleh Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. "Saat ini (aturan tersebut) sedang saya susun dengan beberapa komunitas sepeda. Di sini, kami hanya membuat perlindungan keselamatan bagi pengguna sepeda karena ternyata di Indonesia jarang ada kecelakaan antarsepeda, justru pesepeda jadi korban kecelakaan dengan kendaraan lain," ucapnya.

"Mengenai sepeda sedang saya buat Peraturan Menhub tentang perlindungan keselamatan bagi pengguna sepeda. Di sana mengatur tentang tata cara menyangkut masalah sepedanya seperti apa yang berkeselamatan," tambah Budi.

Ia mengatakan juga mengatakan bahwa nantinya Permenhub ini isinya terkait rambu-rambu bersepeda dan kelengkapan bersepeda seperti tanda yang harus diberikan pesepeda ketika akan berbelok atau lurus, bersepeda saat malam hari maka diwajibkan melengkapi spotlight dan penggunaan helm.

Ia mengatakan bahwa kemungkinan aturan itu akan selesai tahun 2021. Sebagai percontohan yakni daerah Jakarta dan Bandung yang sudah mempunya jalur khusus sepeda. Pihaknya berharap jalur khusus pesepeda ini akan mendidik masyarakat untuk saling menghargai masing-masing pengguna alat transportasi.

Selain bersepeda sebagai olahraga diwaktu libur seperti saat ini, Budi juga berharap agar masyarakat bersama-sama mengurangi polusi udara dengan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi untuk mobilitasnya. "Misalnya, ke kantor pakai sepeda, ke sekolah pakai sepeda. Sekarang ini banyak anak sekolah, SMP, SMA pakai sepeda motor. Orang tua jangan bangga anak-anaknya sudah bisa sepeda motor, gantilah dengan sepeda," pungkasnya.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait