Pojok PanturaPojok Pantura

5+ Tempat Wisata Di Bogares Tegal (Pangkah, Slawi) Yang Lagi Ngehits

 5+ Tempat Wisata Di Bogares Tegal (Pangkah, Slawi) Yang Lagi Ngehits | Rangkum tempat-tempat wisata yang lagi hits di kabupaten Tegal | Bogares, Pangkah, Slawi  | Pojok Pantura

Tempat Wisata Di Bogares Tegal - Tegal sejak dulu memang terkenal dengan daerah asal WARTEG (Warung Tegal) yang banyak terlihat di kota-kota besar semisal ibukota Jakarta. Makanannya yang enak, pilihan menunya yang banyak dan juga harganya yang murah meriah membuat banyak orang pasti akan balik lagi ke Warung Tegal untuk memenuhi kebutuhan perutnya.

Tegal pun masyhur sebagai daerah yang penduduknya berbahasa Jawa Ngapak. Diketahui, bahasa Jawa ngapak, dialek dan intonasinya bisa melahirkan suasana keakraban dan kelucuan dalam obrolan dengan orang daerah lain. Alhasil orang-orang Tegal dan sekitarnya sangat luwes dalam bergaul dengan siapapun dan dimanapun.

Selain itu, Tegal juga sudah terkenal dengan tempat wisatanya. Salah satu yang terkenal dan terus dikembangkan ialah objek wisata pemandian air panas GUCI. Tempat wisata di daerah Bumijawa ini sudah banyak dibangun tempat-tempat rekreasi alam dan instagramable.

Khusus di Kabupaten Tegal, sekarang sudah mulai bermunculan tempat wisata-tempat wisata yang tak hanya menawarkan fasilitas rekreasi, juga memberikan edukasi dan suasana alam yang asri. Berikut kami rangkum Tempat Wisata Di Bogares Tegal yang lagi hits.

Rodjo Tater

Rodjo Tater ialah salah satu tempat wisata yang lagi hits di Bogares Tegal. Rodjo Tater ini sangat rekomended untuk tempat wisata anak. Sebab selain banyak wahana edukasinya juga memang Rodjo Tater mengusung konsep ramah anak pula.

Berlokasi di Jalan Raya Bogares Kidul kecamatan Pangkah kabupaten Tegal ini letaknya tak begitu jauh dari alun-alun kota Tegal yakni sekitar 17 KM. Jika dari kecamatan Warungpring (kecamatan di kabupaten Pemalang yang berbatasan dengan kecamatan Jatinegara kabupaten Tegal) itu berjarak 21 KM arah ke Slawi dan Rodjo Tater berada setelah waduk Cacaban atau jika ditelusuri sekitar 35 Menitan. Adapun jika anda dari GUCI, itu berjalan di trek lurus kira-kira 40 menitan.

Dari awal Rodjo Tater sudah mempersiapkan 12 hektar untuk pengembangan tempat wisata ini. Sekarang ini baru 2 hektar yang sudah difungsikan. Sisanya masih perkebunan dan persawahan. Namun begitu itulah salah satu yang mendukung suasana asri di Rodjo Tater.

Diketahui beberapa pilihan wisata di antaranya yakni taman reptil, kolam pancing, danau, kolam renang, kandang rusa tutul, kandang sapi, juga kandang aviari. Ada juga arena bermain tamprolin, play house, istana balon, kereta mini, mobil remot, motor croos, memancing ikan, atau berkeliling naik kuda.

Rodjo Tater ini tergolong tempat wisata yang menyuguhkan fasilitas yang komplit dan bisa memanjakan semua pengunjungnya. Sebab di lokasi itu juga tersedia foodcourt yang menjual beragam makanan maupun jajanan dan minuman, mushola, toilet dan tempat parkir yang luas.

Untuk harga tiket sendiri, hari Senin-Jum’at dipatok diharga Rp. 15.000 dan jika weekend, Sabtu dan Minggu diharga Rp. 20.000. Tempat wisata di Bogares Tegal ini setidaknya bisa menampung sekitar 4.000 pengunjung sekali buka.

Namun diketahui, dengan masih adanya kebijakan pandemi, Rodjo Tater hanya bisa membuka untuk 300-500 orang saja atau 25% dari total kapasitas daya tampung. Jika kapasitas sudah terpenuhi, maka akan ditutup dan dibuka lagi setelah ada pengunjung yang keluar alias memakai sistem buka-tutup.

Tak menutup kemungkinan tak lama lagi aturan buka-tutup tak akan berlaku lagi, sebab kasus pandemic sudah sangat landai dan juga Rodjo Tater juga diketahui akan mengembangkan tempat wisatanya agar lebih lengkap dan memanjakan lagi semua pengunjungnya.

Baca Selengkapnya di: Rodjo Tater : Tempat Wisata yang Ramah Anak dan Murah Meriah

Kolam Renang Bogares Tegal

Tempat wisata yang lagi ngehits kedua yakni Kolam Renang Bogares Tegal yang bernama Kolam Renang dan Futsal Hj. Muriyah yang terletak di pusat pemerintahan Kabupaten Tegal, yaitu di Kota Slawi, lokasinya di daerah Procot yakni di sebelah timur Bundaran Poci atau sebelah timur dari Monumen GBN.

Kolam renang yang diketahui diresmikan pada 2 februari 2002 oleh bapak Drs. H. Soediharto ini memiliki beberapa kolam renang yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk anak – anak, ada kolam tersendiri yang masih dangkal dan disediakan prosotan dan air mancur. Adapula untuk yang dewasa. Tidak hanya kolam renang, namun di sini juga ada waterboom mini yang bisa dicoba sensasinya.

Fasilitas yang ada di Kolam Renang Bogares Tegal tergolong lumayan lengkap, yaitu adanya kamar bilas yang terpisah (laki – laki dan perempuan), musholla, kantin, taman bermain, dan bagi penyuka olahraga futsal, ada lapangan futsal yang ada di depan pintu masuk tempat ini. Serta ada juga café untuk bersantai bersama teman, pasangan atau keluarga sambil menikmati kopi dan cemilan lainnya.

Kolam renang Bogares Tegal ini sangat cocok buat latihan atau ekstrakurikuler renang anak-anak sekolah mulai dari SD sampai SMA. Apalagi untuk anak-anak futsal yang jika setelah bermain bisa langsung berenang agar segar bugar lagi.

Kebun Binatang Tegal

Tempat wisata yang lagi ngehits ketiga yakni Kebun Binatang Tegal. Berlokasi di Jl. DR. Soetomo No.3, Jomblang, Dukuhwringin, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah 52419, Indonesia ini tergolong Luamayan bagus. Lokasinya yang terjangkau tak perlu ke pinggiran yakni sangat dekat dengan kantor Pemda Kab. Tegal Slawi.

Areanya hijau banyak pepohonan membikin cocok buat bermain dan memberikan edukasi anak-anak terkait satwa. Tempatnya tergolong bersih dan adanya kijangnya, jadi bagus untuk anak-anak yang ingin melihat kijang, dan bersantai ria denga teman, pasangan dan keluarga. Sebab didepan Kebun Binatang Tegal juga ada yang berjualan dipinggir jalan dan jadi enak buat bersantai. Selain itu, tempat aman karena dekat markas TNI juga loh.

Terapi Ikan Di Tegal

Tempat wisata yang lagi ngehits berikutnya yakni Terapi Ikan di Tegal.Terapi ikan ini bertempat di Rodjo Tater. Suguhan alternatif tempat wisata di Kabupaten Tegal ini cocok untuk yang mau melepas lelah setelah melakukan rutinitas sehari – hari.

Terapi ikan di Tegal ini selain sarana untuk hiburan dan pelepas lelah, terapi ikan ini pula berdampak baik bagi kesehatan tubuh orang yang melakukan terapi.

Pasalnya menurut penelitian dari berbagai Universitas ternama baik di dalam maupun di luar negri, berpendapat bahwa terapi ikan ini dapat mengurangi sel kulit mati, menolong untuk meringankan asam urat, kolesterol dan pula dapat mengurangi ketegangan otak yang senantiasa anda pergunakan dalam menjalankan rutinitas sehari - hari.

Dibuatkan tempat wisata Terapi ikan di Tegal ini sangat dibutuhkan untuk orang-orang kantoran. Mengingat Tegal, Brebes dan Pemalang sekarang sedang dalam proses pengembangan daerah industri. Dengan adanya terapi ikan di Tegal ini bisa jadi alternative tempat untuk menghilangkan stress yang menyehatkan.

Loco Antik

Tempat wisata yang ngehits berikutnya ialah Loco Antik. Loco Antik sendiri maksudnya wahana transportasi kereta lokomotif tua yang berada di bekas pabrik gula Pangkah. Pada masa Belanda, PG Pangkah ini termasuk salah satu pabrik gula terbesar di Jawa Tengah.

Buktinya Masih bisa terlihat sekarang dengan bangunan pabriknya yang besar, luas lahannya yang luas dan penuh dengan suasana bersejarah. Inilah menjadi salah satu daya Tarik tersendiri tempat wisata Loco Antik.

Loco Antik sendiri sekarang keretanya sudah didesain lebih bagus lagi karena untuk membawa pengunjung berkeliling di dalam bekas pabrik gula tua tersebut. Ada 3 gerbong yang difungsikan untuk membawa 75 pengunjung dewasa atau 100 pengunjung anak-anak.

Selain memberikan fasilitas kereta antik, tempat wisata Loco Antik juga memanjakan fasilitas lain seperti tempat parkir luas, mushola, dan toilet. Selain itu jika pengunjung dari luar kota ingin bermalam disitu, juga disediakan penginapan. Tambah keren lagi, Loco Antik juga memiliki spot-spot foto yang instagramable yang layak anda share ke medsos ketika disana.

Agrowisata Loco Antik sendiri beralamatkan di Jalan Raya Slawi – Pangkah, Bogares Kidul, Pangkah, Area Sawah/Kebun, Pangkah, Kec. Pangkah, Tegal. Kabar baik buat para wisatawan, bahwa Loco Antik sekarang ini memiliki wahana bermain anak dan kolam renang yang lumayan bagus dan layak dikunjungi.

Cukup dengan tiket seharga Rp. 3.000 anda bisa masuk kompleks pabrik gula bersejarah peninggalan Belanda tersebut. Jadi intinya tak perlu mahal kalua ingin bersenang-senang yaa…

Baca Selengkapnya di: Loco Antik: Tempat Wisata di Tegal yang Instagramable

Agrowisata Wringin Sejahtera

Tempat wisata yang lagi ngehits lagi ialah Agrowisata Wringin Sejahtera. Tempat wisata ini lahir atas garapan dari BUMDes Wringin Sejahtera, Desa Dukuhwringin, Slawi, Tegal. Tempat wisata ini seungguhnya membuktikan bahwa Agrowisata tak hanya bisa berkembang didaerah pegunungan saja. Daerah perkotaan pun bisa.

Konsep Agrowisata ini memang memberdayakan potensi Dukuhwringin dalam hal pertanian dan perkebunan, yang itu sudah terbiasa menghasilkan sayuran dan buah-buahan yang bagus, tak kalah dengan daerah lain.

Agrowisata Wringin Sejahtera sendiri mulai digarap tahun 2019 dengan lahan 1,5 hektar milik desa. Namun dengan antusias masyarakat dan pengunjung yang datang, sekarang sedang dalam tahap pengembangan dan mempercantik tempat wisatanya. Salah satu usahanya yakni dengan mempersiapkan tambahan lahan lagi yang nanti mencapai 3 hektar.

Diketahui, tanaman buah-buahan yang ada dalam agrowisata Wringin Sejahtera yaitu jambu kristal, pepaya california, kurma tropis, anggur, pisang, belimbing dan jeruk. Selain itu ada lagi buah-buahan seperti kelengkeng, buah tin, jambu deli madu, delima dan nanas.

Untuk memberikan rasa nyaman bagi pengunjung, dalam agrowisata dibangun kebun binatang rusa, spot-spot foto yang instagramable, saung atau gubug untuk berteduh dan tentunya suasana yang asri nan menyenangkan.

Tenang saja, pengunjung yang datang tak hanya melihat buah-buahannya saja. Namun bisa dibeli disitu juga. Banyak pengunjung yang membawa oleh-oleh berupa buah-buahan dari Wringin Sejahtera yang begitu menyegarkan. Sebab diambil dari perkebunannya langsung.

Kedepan nantinya, agrowisata Wringin Sejahtera tak hanya sebagai wisata edukasi saja. Namun juga rekreasi atau liburan yang bisa menyenangkan dan membuat orang yang berkunjung ketagihan.

Baca Juga: Watu Sangan, Objek Wisata Baru Di Kabupaten Pemalang

Itulah ulasan tempat-tempat wisata yang lagi ngehits di Tegal yang layak dikunjungi, edukatif, murah meriah dan tentunya menyenangkan.