Pojok Pantura

Manfaat Nanas Madu

PojokPantura.Com - Sudah banyak uraian mengenai manfaat nanas madu yang dimuat. Hampir semuanya merasakan dan meyakini khasiat baik yang ada dalam nanas madu. Nanas madu sendiri merupakan jenis nanas yang banyak dibudidaya di Indonesia. Salah satu daerah yang terkenal membudidaya nanas madu adalah Belik Pemalang.

Banyaknya nanas madu yang beredar di pasaran membuat nanas madu banyak dikonsumsi oleh masyarakat kota maupun pedesaan. Selain factor mudah didapatkan, nanas madu juga tergolong buah yang sangat murah, Rata-rata harga yang dipatok untuk satu nanas madu berkisar antara Rp. 3.000 – Rp. 15.000 rupiah tergantung besar kecilnya buah tersebut.

Nanas madu, selain dikonsumsi secara langsung buahnya, juga bisa diolah menjadi makanan ringan seperti bolu gulung, binas (bihun nanas), nastar, nanas goreng, bolen nanas, nanas roll cake, lumpia, pudding nanas, pie nanas dan masih banyak lagi. Olahan minuman dari nanas madu pun sudah banyak yang dibuat seperti jus dan cocktail.

Dengan begitu banyak varian olahan nanas madu membuat buah yang identic dengan mahkotanya itu digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Namun untuk mendapatkan khasiat kesehatan dari nanas madu tersebut, direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah nanas madunya secara langsung.

Dalam tulisan ini, akan dibahas secara komprehensif namun ringkas tentang manfaat nanas madu untuk berbagai hal. Manfaat nanas madu ini disebabkan karena banyak zat atau kandungan baik yang dibutuhkan tubuh manusia. Manfaat nanas madu yang akan dibahas di bawah ini sudah banyak dirasakan dn diteliti serta diuji klinis oleh para ahli. Berikut manfaat nanas madu di antaranya:

Manfaat Nanas Madu Untuk Kesehatan

Buah yang terkenal dengan rasa manis asamnya ini, setidaknya memiliki 7 manfaat untuk kesehatan. Di antaranya sebagai berikuti:

Mencegah Asma

Salah satu kandungan yang ada pada nanas madu adalah adanya zat beta karoten. Nah zat ini mampu memberikan manfaat nanas madu dengan cara mencegah terjadinya radang pernapasan dan asma.

Baik Untuk Kesehatan Kulit

Banyak juga orang yang tahu adanya manfaat nanas madu untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan adanya vitamin C dan anti oksidan yang terkandung didalamnya. Kedua zat ini bisa memperbaiki kerusakan pada kulit sehingga kulit menjadi sehat kembali.

Menjaga Kesehatan Gigi Dan Gusi

Adanya zat mineral yang ada dalam nanas madu membuat ia mampu menyehatkan gigi dan gusi kita. Namun perlu diperhatian juga bahwa mengkonsumsi nanas madu yang berlebihan juga berbahaya. Maka harus dengan porsi standar ditambah juga minum air putih secukupnya.

Mencegah Kanker

Zat antioksidan dan bromelain memang memiliki banyak khasiatnya. Keduanya ternyata bisa mencegah kanker. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan Bromelain bisa menekan sel-sel kanker.

Baik Untuk Pencernaan

Adanya zat Bromelain juga bisa memperbaiki pencernaan tubuh. Karena Bromelain adalah enzim yang mampu memecah protein makanan masuk ke dalam usus halus. Sehingga manfaat nanas madu untuk pencernaan bisa dirasakan oleh orang yang mengkonsumsinya.

Mengeluarkan Zat-Zat Beracun Dalam Tubuh

Vitamin A dan C yang ada di nanas madu yang mempunyai efek antioksidan mampu mengeluarkan radikal bebas atau racun dalam tubuh.

Memperkuat Tulang

Orang yang lanjut usia direkomendasikan memkonsumsi nanas madu atas resep dari dokter. Hal ini dalam rangka untuk merasakan manfaat nanas madu untuk memperkuat tulang orang yang lanjut usia.

Manfaat Nanas Madu Untuk Amandel

Di balik rasanya yang menyegarkan dan buahnya yang kaya serat, ternyata ada manfaat nanas madu untuk amandel. Mandaat nanas madu untuk amandel ini sebab adanya kandungan zat mempunyai efek antiinflamasi. Sehingga dipercaya sangat bermanfaat untuk meredakan bengkak pada radang amandel.

Caranya pun simpel, hanya dengan ambil dua buah nanas madu matang, kupas lalu cuci bersih dengan memakai air bersih yang mengalir. Lalu nanas madu diparut, kemudian airnya diperas. Minumlah air perasan nanas ini 1/4 gelas sehari dua hingga tiga kali.

Bila tidak telaten dengan cara diatas maka manfaat nanas madu bisa dirasakan dengan cara lainnya, yakni langsung dengan mengkonsumsi buah nanas ini setelah dikupas. Makan nanas yang cukup dan rutin sehari tiga kali siang, sore, malam agar amandel bisa segera sembuh.

Manfaat Nanas Madu Untuk Kolesterol

Menurut berbagai penelitian, nanas madu juga ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Manfaat nanas madu ini pun bisa dirasakan jika dikonsumsi secara langsung buah dengan kondisi segar tanpa diolah. Penyebab adanya manfaat nanas madu untuk kolesterol ini karena adanya zat-zat baik yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol. Di antaranya yakni myricetin, polifenol, vitamin C dan niasin.

Walaupun demikian, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika mengkonsumsi buah nanas madu yang berlebih, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu terkait jumlah atau banyaknya nanas madu yang disarankan dikonsumsi untuk mencegah kolesterol.

Manfaat Nanas Madu Untuk Program Diet

Banyak orang yang gagal ketika menjalani program dietnya. Hal ini dikarenakan banyak yang salah memilih makanan untuk dikonsumsi saat program diet. Salah satu buah yang dipercaya dan kemudian direkomendasikan oleh ahli gizi untuk menunjang program diet adalah nanas madu.

Penyebab munculnya manfaat nanas madu untuk program diet karena beberapa kandungan yang ada di dalam buah yang berwarna kuning itu mensupport program diet. Di antara kandungan atau zat tersebut adalah bromelain, tinggi serat, rendah kalori dan vitamin B1.

Cara penyajiannya pun cukup sederhana. Anda bisa mencobanya dulu selama 3 hari untuk mendapatkan manfaat nanas madu untuk mensupport diet anda. Jadi nanas madu hanya sebagai hidangan penutup setelah anda mengkonsumsi makanan dan minuman dalam program diet yang anda sedang jalani. Cukup dengan mengkonsumsi 2-3 iris nanas madu setelah makan pagi, siang dan malam. Di tambah nanas madu dibuat jus dan diminum 20 menit setelah makan pagi.

Manfaat Nanas Madu Untuk Wanita

Sudah banyak disinggung di bagian atas bahwa nanas madu memiliki banyak zat atau kandungan baik yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ternyata juga dari beberapa uji klinis, kandungan-kandungan itu memiliki efek manfaat nanas madu khusus yang berhubungan dengan wanita.

Meredakan Nyeri Perut Akibat Haid

Hal ini dikarenakan anti oksidan yang ada juga mampu mengurangi nyeri dalam perut. Di tambah zat bromelain dalam nanas madu berkhasiat untuk merelaksasi otot-otot sekitar perut.

Baik Untuk Kesuburan

Yang membuat manfaat nanas madu baik untuk kesuburan itu sebab adanya zat beta karoten, vitamin C dan bromelain. Makanya banyak ibu-ibu yang mengkonsumsi nanas madu dengan motif untuk kesuburan janinnya.

Menghilangkan Bintik Dan Jerawat Di Wajah

Zat bromelain lagi-lagi memiliki kemanfaatan untuk tubuh manusia. Salah satunya yakni bisa menghilangkan bintik-bintik dan komedo, menyempitkan pori-pori dan mencegah jerawat di wajah.

Mencegah Kanker Payudara

Salah satu penyakit yang menjadi momok bagi kaum wanita ini juga bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi buah nanas madu. Bromelain yang ada juga bisa membunuh sel-sel kanker. Namun manfaat nanas madu bisa dirasakan harus memalui petunjuk pengkonsumsian dari dokter, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Walaupun sebenarnya sudah terjudi bahwa adanya manfaat nanas madu untuk hal tersebut.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait