Pojok Pantura

Brebes,

PemDes Cibentang Bantarkawung Brebes Gelar Pelatihan Pengelolaan Limbah Untuk Warga

Pojok Pantura | PojokPantura.Com, Brebes – (18/07/2020) Di masa pandemic Covid-19, inisiasi Pemdes Desa Cibentang kecamatan Bantarkawung kabupaten Brebes patut diacungi jempol. Pemdes bekerjasama dengan LPK Duta Kasih Bunda Bumiayu membuat pelatihan pengolahan limbah rumah tangga menggunakan dana desa.

Kegiatan ini dimulai dari hari Senin (13/7/2020) hingga Jum’at (17/7/2020) diikuti Sedikitnya 12 warga. Limbah yang diolah dalam pelatihan ini adalah plastik, kertas, dan bambu.

Yatno selaku Kepala Desa Cibentang, mengungkapkan pelatihan ini bertujuan untuk mengurangi limbah rumah tangga yang ada di lingkungan desa. Dengan pelatihan ini, diharapkan limbah yang sebelumnya terbuang begitu saja, kini bisa dimanfaatkan dan agar memiliki nilai jual.

“Setelah mengikuti pelatihan, peserta jadi mengerti manfaat limbahnya kertas atau plastik. Limbah-limbah itu nantinya bisa dijadikan kreasi kerajinan untuk dikomersilkan”, ungkap Yatno.

Sementara itu ketua LPK Duta Kasih Bunda Bumiayu, Zaenal Arifin mengatakan, keterampilan yang diperoleh semoga dapat bermanfaat untuk menumbuhkan ekonomi pedesaan.

“Ilmu yang sudah diajarkan dalam pelatihan selama lima hari diharapkan bisa dimanfaatkan”, pintanya.

Zaenal juga mengungkapkan, LPK Duta Kasih Bunda Bumiayu sudah tidak diragukan lagi, karena lembaganya memiliki tutor berpengalaman yang telah memiliki sertifikat kompetensi untuk melatih keterampilan berbagai kreasi pemanfaatan bahan baku.

Kades Cibentang juga menjelaskan, Desa Cibentang memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang nantinya dapat mengelola hasil industri rumahan warga yang kini sedang berlatih.

“Nantinya warga bisa memanfaatkan BUMDes. Sehingga ada penghasilan tambahan untuk warga”, kata Yatno.

Dalam pelatihan tersebut, Peserta diajari membuat kreasi hiasan rumahan yang menarik seperti pembuatan hantaran atau lamaran, anyaman bambu, celengan dan pot.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait