Pojok Pantura

Brebes,

Menyambut HUT RI Ke-75, PAC GP Ansor Ketanggungan Gelar Kirab Merah Putih Ke Pesantren-Pesantren

Pojok Pantura | PojokPantura.Com, Brebes – Kamis (13/8/2020) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor kecamatan Ketanggungan Brebes punya agenda tersendiri dalam memeriahkan hari ulang tahun RI ke-75. Kali ini mereka menggelar acara mengarak bendera merah putih dari pesantren ke pesantren dengan tajuk “Giat Kirab Merah Putih Safari Pesantren” pada hari Ahad kemarin (9/8/2020).

Ahmad Agus Syukron selaku Ketua Panitia Kirab Merah Putih memaparkan, rute Kirab dimulai dari Masjid Besar Izzul Islam, lalu berjalan ke Pondok Pesantren Bustanul Ulum Karangmalang, kemudian seterusnya ke Pondok Pesantren Az-ziyadah Karangmalang, Pondok Pesantren At-Taqwa Karangmalang, Pondok Pesantrend Al-Hikmah Baros, Pondok Pesantren Ar-Roufiyah Cikeusal Kidul, Pondok Pesantrend Al-Hukama Pamedaran, Pondok Pesantren Miftahul Huda Sindangjaya, dan terakhir ke Pondok Pesantren Al-Huda Kamalayan-Cisereuh.

“Prosesi kegiatan kirab merah putih ini adalah disetiap pemberhentian, yakni di pondok pesantern-pesantren, bendera Merah Putih dan Figura Logo NU yang dibawa itu, lantas diberikan kepada pengasuh pesantren tersebut”, Papar Agus Syukron.

Ketua PAC GP Ansor Ketanggungan Arif Rahman.SE mengaku kegiatan Kirab Merah Putih digelar bertujuan upaya Pemuda NU untuk menjalin hubungan lebih erat dengan pesantren dan selalu menyemai semangat nasionalisme dan patriotisme.

“Pasalnya, pesantren merupakan tempat penyemaian bibit-bibit Muda NU.

Peserta kirab tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. Panitia juga menyediakan masker khas Ansor bergambar logo Ansor Banser Ketanggungan dan dibagikan seluruh Peserta Kirab,” jelas Arif Rahman

Arif juga mengingatkan walaupun kegiatan ini termasuk mengumpulkan masa, tetapi kegiatan ini juga mengikuti protocol kesehatan dengan ketat.

“Karena masih pandemi Covid-19, maka harus tetap waspada meskipun Brebes masuk wilayah Zona Hijau.”

Kepala Satuan Kordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Ketanggungan Ahmad Fauzan El Azizi mengatakan, Kirab Merah Putih diikuti sekitar 300 kader Ansor-Banser se Kec Ketanggungan. Ia juga mengatakan acara ini dimaksudkan untuk menanggulangi paham radikalisme masuk ke pesantren.

“Pesantren NU harus terus dikawal dan ketika suatu pesantren paham ke-NU-nya jelas baiknya, maka dapat dipastikan pesantren itu akan tetap setia dengan Pancasila dan NKRI.

Ratusan anggota Ansor-Banser Ketanggungan ikut dalam agenda tersebut dengan mengendarai kendaraan bermotor. Sebelum giat kirab merah putih dimulai, terlebih dahulu mereka berdoa untuk kelancaran agenda dan keselamatan bangsa. Pembacaan doa dipimpin oleh Drs KH Umar El Farouq selaku oleh Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Masjid Izzul Islam Ketanggungan. Setelah berdoa, lalu acara selanjutnya yakni penyerahan secara simbolis bendera merah putih dari ketua DKM Izzul Islam Ketanggungan dan Bripda Aenal Rudi mewakili Kapolsek Ketanggungan, Suroto kepada ketua PAC GP Ansor Ketanggungan dan Kasatkoryon Ketanggungan. Dan rombongan kemudian rombongan dilepas oleh Bripka Aenal Rudi.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait