Pojok Pantura

Nasional,

Kabar Baik Buat Peminat CPNS, Pemerintah Segera Umumkan Rekrutmen CPNS 2021

PojokPantura.Com, Nasional - Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih diidam-idamkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pendaftar rekrutmen CPNS dalam 2 tahun terakhir yang menyentuh angka hampir 10 juta orang.

Padahal tiap tahun, pemerintah hanya mengalokasikan kuota CPNS tidak lebih dari 300.000 orang yang lolos ujian. Angka ini sesuai kebutuhan kementerian, pemerintah daerah maupun Lembaga negara lainnya.

Tak salah memang banyak orang yang menginginkan menjadi PNS. Selain gaji dan pendapatan yang bisa dibilang lumayan. Juga karena jenjang karir yang jelas. Maka banyak orang berlomba-lomba lolos ujian rekrutmen CPNS di tiap tahunnya. Mulai dari fresh graduate maupun yang sudah sering ikut rekrutmen namun masih gagal.

Sedikit informasi, di tahun 2020 ini, pemerintah meniadakan rekrutmen CPNS akibat pandemic covid-19. Karena covid-19 ini pula proses tahapan rekrutmen CPNS 2019 molor dari jadwal yang sudah ditentukan dari awal yakni selesai Mei 2019. Kenyataannya sekarang masih dalam tahap menunggu hasil SKB yang nanti nilainya akan digabungkan dengan hasil SKD.

Persiapan Rekrutmen CPNS 2021

Baru-baru ini, Pemerintah lewat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sedikit membocorkan mengenai informasi rekrutmen CPNS 2021.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Andi Rahadian, pun membetulkan informasi yang sudah beredar itu.

"Betul. Insyaallah akan ada pengadaan CPNS formasi tahun 2021", kata Andi.

Pria yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Kemenpan-RB ini akan mengupayakan sesegera mungkin untuk menginformasikan rekrutmen CPNS 2021 kepada masyarakat.

"Hingga saat ini, kami sedang memastikan waktu atau bulan yang tepat untuk mengumumkan. Namun, diusahakan bisa secepatnya," tutur dia.

Ia juga membenarkan adanya desas-desus terkait kuota formasi CPNS 2021 akan lebih banyak dibanding 2019 kemarin. Hal ini dikarenakan di tahun 2020 tidak ada rekrutmen CPNS.

"Mengenai jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021, kami perkirakan akan lebih besar dari jumlah formasi tahun 2019. (karena rekrutmen CPNS 2020 tidak ada) sehingga jumlah kebutuhan formasi kemungkinan diakumulasikan di formasi tahun 2021", kata Andi.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait