Pojok PanturaPojok Pantura

Inilah 4 Kuliner Khas Brebes yang Layak Kalian Cicipi

 Inilah 4 Kuliner Khas Brebes yang Layak Kalian Cicipi | 4 kuliner khas Brebes yang layak kalian cicipi. Tentu yang akan disebutkan disini selain telur asin yang sudah sangat familiar itu | Pojok Pantura

Bangsa Indonesia memang kaya akan segala hal. Mulai dari keragaman suku, budaya, bahasa dan sampai kepada wisata dan kuliner. Tulisan kali ini akan membahas yang disebutkan terakhir. Memang hampir tiap daerah di Indonesia sepertinya mempunyai kuliner yang khas. Artinya kuliner itu penggambaran dari daerah asal dan biasanya juga kebalikannya.

Selain itu kuliner khas juga bisa berarti sebuah makanan maupun minuman tak bisa sembarangan didapatkan. Maksudnya jika kita menginginkannya harus pergi ke tempat asal kuliner itu atau setidaknya cari orang dari asal daerah itu yang berjualan kuliner tersebut di tempat kalian. Keinginan untuk menikmati masakan khas suatu daerah itu biasanya sebab kelezatan yang tak bisa dibandingkan dengan kuliner sejenisnya.

Kita tahu adanya banyak kuliner khas daerah yang sudah massif diperjualkan di banyak tempat, seperti sate padang, rawon, kerak telor, rendang, pempek, nasi liwet dan masih banyak lagi. Ketika kita ingin kerak telor, pasti pikiran kita secara tak langsung juga menyebut Jakarta. Kita ingin pempek, mesti pikiran kita secara tak langsung juga menyebut Palembang. Seperti itulah gambaran kekhasan sesuatu daerah.

Mestilah ada lebih banyak kuliner khas yang kita tak tahu dari pada yang kita tahu. Rasanya pun tak kalah lezat dan pasti membuat ketagihan. Nah, dalam kesempatan ini, penulis akan memperkenalkan 4 kuliner khas Brebes yang layak kalian cicipi. Tentu yang akan disebutkan disini selain telur asin yang sudah sangat familiar itu. Berbeda dengan yang lain, kuliner-kuliner ini memiliki aroma, rasa dan kelezatannya masing-masing.

Sate Blengong Dan Kupat Ngglabed

Kalian pasti sudah biasa melihat sate. Namun sate yang satu ini berasal dari daging Blengong atau hewan unggas sejenis Bebek. Rasa dagingnya memang mirip bebek tetapi agak alot alias keras dan tusuk satenya lebih panjang daripada kebanyakan sate lainnya. Bumbunya akan terasa sedikit manis dan pedas jadi lebih nikmat jika menyantapnya dengan Kupat Glabed atau Kupat Sayur. Makanan ini mudah sekali ditemukan di alun-alun atau di sekitar Masjid Agung Brebes atau ke Pondok Kupat Sate Blengong Kasturi Rajak di Jalan Ahmad Dahlan. Tepatnya di perempatan Islamic Center menuju Pasar Batang, Brebes.

Sega Adep-Adep

Sega merupakan bahasa Jawa ngapak yang dalam bahasa Indonesia berarti nasi. Makanan ini terdiri dari nasi putih biasa dan berbagai macam lauknya yakni Urab atau Rumbah, semacam tumis yang berisi kangung, kol, kecipir, dan parutan kelapa. Kemudian dilengkapi dengan ayam, tempe, tahu, sambal, dan ditambah dengan lalapan seperti kacang, terong, jengkol, dan mentimun.

Sega Adep-adep ini termasuk makanan spesial karena biasanya hanya dibuat di acara-acara penting (hajatan) seperti nikahan, sunatan, syukuran kelahiran anak (selametan), dan acara penting lainnya. Namun kini sudah banyak yang menjualnya sehingga bisa dinikmati kapan saja tanpa harus menunggu adanya hajatan.

Rujak Belut Ala Cigedog Kersana

Sesuai namanya, rujak belut memanfaatkan bahan dasar berupa belut. Jika ditanya masalah rasa, dijamin Anda akan ketagihan dan bahkan akan membuat Anda tak ingin beranjak pulang. Makanan unik ini bisa didapat dengan mudah di Warung Rujak Belut, di Desa Cigedog, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes. Nah, seperti apa rasanya jika belut diolah menjadi rujak? Coba kasih nilai, ya!

Nasi Lengko

Nasi yang dilengkapi dengan lauknya yakni campuran tempe, tahu, dan mentimun yang dipotong dadu juga kecambah. Kemudian ditambah dengan kecap atau sambal kecap. Sangat nikmat rasanya. Terlebih jika ditambah dengan bawang goreng. Sajian yang satu ini juga tidak kalah tenar dengan beberapa sajian yang sudah disebutkan sebelumnya.

Selain mengunjungi tempat wisata di Brebes baik alam terbuka maupun tertutup atau hanya melintas maka tak salah kalian untuk mencicipi kuliner khas Brebes di atas. Baik dimakan langsung di tempatnya atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jadi, tergolong merugi jika kita melintasi di suatu daerah tak mencicipi masakan khasnya. Singgahlah barang sebentar agar hidup kalian berwarna dan punya banyak pengalaman. Soal harga tidak perlu khawatir karena sajian di atas sangat bersahabat dan terjangkau harganya sehingga tidak membuat kantong kalian kering.

Berbagi Itu Peduli