Pojok PanturaPojok Pantura

Berita, Daerah, Brebes,

6 Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes Diterjang Banjir Luapan Air Sungai Babakan

6 Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes Diterjang Banjir Luapan Air Sungai Babakan

PojokPantura.Com - Wilayah Kecamatan Ketanggungan, Rabu 8 Januari 2020 malam kemaren diguyur hujan, hingga mengakibatkan Sungai Babakan meluap. Luapan Sungai Babakan tersebut mengakibatkan beberapa desa di wilayah Kecamatan Ketanggungan terkena banjir kiriman atau banjir bandang yang mencapai ketinggian 1 meter. Meluapnya sungai babakan, pasalnya hujan deras turun sejak sore hingga malam hari ini sekitar pukul 21.00 WIB di hampir seluruh wilayah selatan dan wilayah tengah Kabupaten Brebes.

Salalh satu tokoh masyarakat Kecamatan Ketanggungan, Brebes Muhammad Rizki Ubaidilah mengatakan, “Bendungan Cisadap sudah tidak mampu menampung debit air. Statusnya sudah Awas karena air sudah mencapai ketinggian 220 cm. Hingga pada akhirnya pemukiman warga terdampak luapan air sungai babakan”.

Ubaidilah mengatakan bahwa ketinggian air di bendungan Cisadap memang dari Rabu sore hingga malam ini terus berangsur naik.

“Jalan Provinsi di Ketanggungan Brebes sudah dimasuki Air banjir dan air juga sudah menggenangi jalan-jalan penghubung antar desa”, Jelasnya.

Sementara itu, Nuhsy Mansyur selaku kepala BPBD Brebes mengatakan bahwa banjir yang melanda sebagian wilayah Kecamatan Ketanggungan karena luapan sungai Babakan itu terjadi secara berurutan.

“Sore tadi air sungai mulai menerjang Desa Sindangjaya, Kemudian Desa Cikeusal Lor, Desa Cikeusal Kidul, lalu Desa Pamedaran, kemudian Desa Buara dan Desa Ketanggungan”, pungkas Nuhsy Mansyur.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait