Pojok PanturaPojok Pantura

5+ Tips Hubungan Langgeng Sampai Menikah Dalam Islam

 5+ Tips Hubungan Langgeng Sampai Menikah Dalam Islam | inilah 5+ Tips Hubungan Langgeng Sampai Menikah Dalam Islam yang harus kaula muda ketahui | Pojok Pantura

Ajaran Islam sesungguhnya selain mengajarkan tata cara beribadah, hukum dan norma, juga mengajarkan keharmonisan, cinta dan kasih sayang dalam berhubungan dengan sesama manusia. Di sisi lain, Islam pun sangat menjaga harkat dan martabat manusia. Oleh karenanya dalam konteks hubungan laki-laki dan perempuan yang belum punya ikatan pernikahan, tak ada istilah pacaran. Sebab istilah pacaran yang dibuat di zaman modern ini berkonotasi negatif.

Semua orang tahu bahwa pacaran akan menimbulkan hal-hal yang menjurus kepada dosa dan kemaksiatan. Seperti pergi berduaan yang jelas itu dinilai maksiat dalam Islam. Berbohong, konflik dan pergaulan bebas pun niscaya akan dilakukan oleh pasangan laki-laki dan perempuan yang berpacaran. Itulah fenomena pacaran yang jamak terjadi di masyarakat.

Memang anak muda zaman sekarang cenderung selektif dalam memilih calon suami/istrinya. Dengan makin majunya perangkat teknologi dan luasnya jejaring pertemanan membuat banyak anak muda ada yang berhati-hati dalam menentukan pasangannya dan ada pula yang begitu mudah mendapatkan ‘bestie’ atau teman dekat perempuannya.

Dalam Islam, tahapan hubungan laki-laki dan perempuan yang familiar biasanya taaruf (pengenalan), lalu khitbah (lamaran) dan menikah. Atau bisa juga taaruf tak berselang lama kemudian melangsungkan pernikahan. Memang urusan menikah tak hanya soal cinta. Ada keyakinan, kesiapan, persetujuan keluarga dan hal-hal lain yang mengiringinya.

Oleh karenanya, ketika ada seorang laki-laki dan perempuan yang sudah saling mengenal dan timbul perasaan cinta, maka mulailah sama-sama berkomitmen untuk saling menjaga hubungan langgeng sampai menikah. Tidak dengan pacaran, tetapi harus dengan cara-cara Islami.

Dalam proses menunggu atau mempersiapkan pernikahan, maka perlu melakukan hal-hal yang membuat pasangan yang sudah salin mencinta bisa hubungan langgeng sampai menikah. Walaupun di tengah jalan pasti ada kerikil-kerikil yang menghambat. Berikut 6 tips hubungan langgeng sampai menikah dalam Islam.

1. Saling Percaya dan Memahami

Tips hubungan langgeng sampai menikah dalam Islam pertama ini diperlukan agar dalam proses menuju pernikahan tak terjadi miskomunikasi. Baik laki-lakinya maupun perempuan harus menyadari bahwa masing-masing memiliki aktifitasnya, yang mungkin itu rangkaian merengkuh cita-citanya. Selain itu, masing-masing harus tahu diri juga bahwa mereka belum saling memiliki. Artinya bahwa tak boleh ada pengekangan dan suudzon ketika ada hal yang tak sesuai keinginan seorang diantara keduanya. Jadi percayalah bahwa rasa cinta datangnya dari Allah, ketika benar saling mencinta secara murni dan tulus, maka semuanya akan baik-baik saja. Berbeda dengan modusnya bilang cinta tapia da motif lain.

2. Lupakan kesalahan masa lalu

Tips hubungan langgeng sampai menikah dalam Islam kedua ini penting untuk dilakukan. Diantara keduanya harus saling berkomitmen tak boleh mempermasalahkan dan mengulangi kehidupan yang ‘salah’ masa lalu. Sebab tiap orang punya kesalahan di masa lalunya apapun bentuknya. Ketika taka da komitmen melupakan itu, maka potensi hubungan tersebut retak dan putus di tengah jalan Oleh karenanya, tugas kita adalah memaafkannya. Lagi pula Allah juga Dzat yang maha pemaaf.

3. Saling jujur

Tips hubungan langgeng sampai menikah dalam Islam ketiga ini akan membuat di antara keduanya mengerti dan respect. Walaupun kondisi yang tak memungkinkan untuk komunikasi intens, tetapi jika berkabar keduanya saling jujur, pasti nantinya rasa cinta yang ada akan bertambah. Jangan sampai sekalipun untuk berbohong dalam hal apapun. Karena itu akan menjadi kebiasaan dan lambat laun akan diketahui juga kebohongannya. Otomatis, ketika sudah terbongkar satu kali kebohongan, mulai tak saling percaya dan seterusnya sampai benar-benar tak mau mendengar alasan satu sama lain.

4. Berilah perhatian dan rasa nyaman

Tips hubungan langgeng sampai menikah dalam Islam keempat ini tak boleh terlewatkan. Siapapun orangnya pasti ingin diperhatikan dan diberikan kenyamanan. Apalagi kamu dan pasangan sudah berkomitmen akan menikah. Hal ini akan semakin membuat yakin di antara keduanya bahwa mereka cocok dan nantinya selalu bahagia hidup bersama. Maka timbul pikiran, sebelum menikah banyak perhatian dan berikan kenyamanan apalagi ketika sudah menikah. Selain kepada “si dia”, berikan perhatian juga kepada keluarganya. Sering-sering tanyakan keadaan kedua orang tuanya. Hal ini bertujuan agar, “si dia” berasumsi bahwa kamu menganggap orang tuanya sudah seperti orang tua sendiri. Tak berselang lama perlakuan semacam ini otomatis akan diberikan keduanya.

5. Setialah dan pahami ketidaksempurnaanya

Tips hubungan langgeng sampai menikah dalam Islam kelima ini krusial. Sebab banyak pasangan muda-mudi yang tidak bisa melakukannya. Banyak dari mereka yang tidak bisa menerima ketidaksempurnaan pasangannya. Akhirnya dia tak setia dan memilih orang lain yang dianggapnya lebih baik dari pasangan sebelumnya. Padahal dia juga tak sempurna, kenapa mendambakan kesempurnaan. Makanya Allah menciptakan makhluknya berpasang-pasangan adalah agar menjadi sempurna. Setialah selagi bisa dikompromikan dan sama-sama saling menyadari bahwa perjuangan kesetiaan memanglah berat.

6. Tunjukkan keseriusanmu

Tips hubungan langgeng sampai menikah dalam Islam keenam ini adalah yang paling mendekati pernikahan. Dan tips keenam ini lebih ditujukan kepada laki-laki. Sebab, walaupun sama-sama komitmen, janji, perhatian dan setia tapi tak lakukan upaya keseriusan untuk menikah, maka itu akan jadi omong kosong. Keseriusan awal yang nyata untuk seorang laki-laki yang ingin menikahi seorang perempuan adalah bersilaturahim ke keluarganya atau walinya. Ketika sudah saling kenal dan ketemu, maka tingkatkan pembicaraan yang lebih fokus dan spesifik yakni kamu berniat untuk menikahi “si dia”. Maka ketika pembicaraan itu sudah terjadi, akan dekat jalanmu menuju pernikahan.

Pada akhirnya kita harus menyadari bahwa jodoh kita sudah ditentukan oleh Allah. Maka jika benar-benar saling cinta, keduanya lambat laun akan didekatkan juga kepada prosesi pernikahan. Teruslah melangkah, jangan hiraukan hambatan-hambatan yang ada. Sebab Allah sudah menentukan takdir yang terbaik untukmu. Salah satunya jodohmu.

Gambar Produk

Gambar Produk

Gambar Produk

Gambar Produk

Gambar Produk

Artikel ini ditulis oleh:

Muhammad Alfiyan Dzulfikar
Alumni Ponpes Lirboyo Al-Mahrusiyah dan Mahasiswa Pascasarjana UNUSIA Jakarta.