Pojok Pantura

Nasional,

Ponpes Lirboyo Keluarkan Maklumat, Ikhtiar Menyambut Santri di Tahun Ajaran Baru 2020/2021

PojokPantura.Com - Ponpes Lirboyo keluarkan maklumat berisi informasi jadwal, teknis dan protocol kesehatan kedatangan santri di pesantren Lirboyo. Acara ini diikuti segenap dzuriyah yang digelar setelah sholat Jum’at di masjid Lawang Songo Lirboyo ini sebagai ikhtiar pengasuh pesantren dalam menyambut kedatangan santri lama dan baru yang berjumlah sekitar 29.000 santri di tengah pandemic Covid-19.

Dalam maklumatnya, KH. Abdullah Kafabihi Mahrus selaku pengasuh pesantren menyampaikan bahwa “ kegiatan belajar mengajar di Ponpes Lirboyo akan dimulai pada 7 Juli 2020 dan pengembalian santri akan dilaksanakan bertahap dimulai pada hari Sabtu, 20 Juni 2020. Kemudian Seluruh santri (lama dan baru) mulai 6 Juni 2020 harus mengisolasi mandiri dirumah masing-masing dan proses penyambutan kedatangan santri di pondok semuanya menggunakan protokol kesehatan”.

“Pendaftaran santri baru dimulai pada tanggal 20 Juni 2020 dan proses kedatangan santri baru wajib diantar oleh wali santri, tidak boleh menggunakan angkutan umum atau mengikuti jadwal rombongan daerah. Kemudian terkait pemberangkatan guru bantu, pelaksanaannya secara bertahap mulai tanggal 20 Juni 2020 dengan jadwal dan teknis yang akan diatur oleh Lembaga Ittihadul Muballighin Lirboyo serta maklumat ini dapat berubah mengikuti situasi dan kondisi yang berkembang”, Tambah Kiai Kafa.

Kemudian teknis dan protokol kesehatan dijelaskan oleh KH. Athoillah Solahudin Anwar, beliau mengatakan : ”santri wajib menjalankan isolasi mandiri selama 14 hari sebelum berangkat pondok, kembali ke pondok mengikuti rombongan daerah atau HIMASAL sesuai jadwal, membawa kartu identitas santri dan surat keterangan sehat dari daerah setempat serta membawa surat keterangan telah melakukan isolasi mandiri dari kelurahan/desa atau RT. Santri juga diwajibkan memakai masker selama perjalanan ke pondok, menjaga kebersiahn, menghindri kerumunan masa, mengikuti arahan panitia rombongan dan ketika sampai di pondok harus mengikuti arahan protokol kesehatan dari Gugus Tugas Covid-19, pengururs pondok dan Tim kesehatan RSU Lirboyo”.

“Santri dilarang berangkat pondok tidak sesuai jadwal yang telah ditentukan, berangkat sendiri dengan menggunakan angkutan umum dan berhenti di tempat transit kecuali darurat. Tanggal 20 Juni 2020 menjadi jadwal kedatangan santri yang berasal dari daerah Kediri, Nganjuk, Blitar, Trenggalek, Tulungagung dan Jombang dan untuk santri dari daerah lain akan diinformasikan selanjutnya”, Jelas Kiai Atho’.

Kiai Atho’ juga menerangkan tentang catatan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam kedatangan santri diantaranya adalah “pengurus dan pengajar dihimbau segera kembali ke pondok terlebih dahulu kecuali yang mendampingi rombongan, kedatangan santri semuanya wajib melalui pintu gerbang Aula Al-Muktamar, pengurus daerah dimohon mengawal keberangkatan santri, panitia rombongan daerah wajib menginformasikan jumlah armada dan santri kepada pengurus pondok dan bagi santri yang kurang sehat, memiliki penyakit akut atau masih dalam proses penyembuhan harap dirumah terlebih dahulu”.

Kemudian acara Pembacaan Maklumat Ponpes Lirboyo diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh pengasuh utama, KH. M. Anwar Manshur.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait