Pojok Pantura

Pemalang,

BADKO TPQ Pemalang Gelar Musda Ke-VI

Pojok Pantura | PojokPantura.Com, PEMALANG – Kamis (16/7/2020). Di tengah pandemic covid-19, Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Quran (BADKO TPQ) Kabupaten Pemalang gelar Musyawarah Daerah (Musda) ke- VI Tahun 2020. Acara tersebut bertemakan “Menanamkan dan menggelorakan Etos Kerja Qurani” itu dibuka oleh Dr. H. Junaedi, SH., MM. selaku Bupati Pemalang, pada hari Rabu, (15/7). di pendopo Kabupaten Pemalang.

Bupati Pemalang, H. Junaedi dalam sambutannya menyampaikan bahwa organisasi, Badko TPQ mempunyai tugas dan tanggungjawab yang besar dalam segi pengembangan dan peningkatan TPQ di Kabupaten Pemalang.

“Karenanya, program kerja yang akan dibuat selayaknya dapat membuat peningkatan kapasitas anggota, baik intelektual, manejemen maupun kapasitas lainnya yang kaitannya dengan pengembangan dan peningkatan kualitas belajar mengajar”, katanya.

Bupati melanjutkan, keberadaan TPQ yang ada di desa-desa yakni untuk memberikan pembelajaran kepada para santri guna mengetahui sejarah, isi serta amaliyah tentang Al Qur’an.

“Dengan mempelajari Al Qur’an maka akan terbentuk jiwa Qur’ani dan dapat mewujudkan dalam kehidupan kita semua sebagai orang beriman. Dengan demikian maka akan dapat memberikan kemaslahatan bagi umat yang ada disekitar kita masing -masing.

Sebelumnya, Ketua Badko TPQ Kabupaten Pemalang, Slamet Masuki melaporkan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mereorganisasi pengurus dan menyusun program kerja badko TPQ Kabupaten Pemalang.

“Kegiatan ini tujuan pertama, untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergitas kelembagaan badko TPQ dengan terbentuknya kepengurusan yang baru. Kedua, menguatkan kinerja badko TPQ melalui program kerja yang berbasis pada penyelesaian permasalahan dengan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia, jejaring maupun sarana dan prasarana dan ketiga, menguatkan jalinan silaturahmi antara pengurus dan asatidz sekaligus sebagai wahana diskusi dan saling berbagi informasi antar peserta terkait kondisi dan perkembangan TPQ di Kabupaten Pemalang”, Jelas Slamet.

Baca Juga: 268 Santri Pemalang Berangkat Mondok ke PP. Lirboyo Kediri

Terlihat situasi di Pendopo Pemalang, Musda diikuti oleh 70 orang yang terdiri dari, Pengurus dan pembina Badko TPQ Kabupaten Pemalang, Ketua dan Sekretaris Badko TPQ Kecamatan se-Kabupaten Pemalang serta undangan lainnya.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait