Pojok Pantura

Pemalang, Tegal,

Pamtas RI-Malaysia Gelar Latihan Pratugas di Bumijawa Tegal dan Randudongkal Pemalang

Pojok Pantura | PojokPantura.Com, Tegal- Selasa (14/7/20).Walaupun masih di masa pandemi Covid-19, Satuan Yonif 407/PK melakukan kegiatan pratugas dalam rangka Penyiapan Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat.

Latihan penyiapan Satgas Pamtas RI-Malaysia tersebut ditempatkan di daerah Randudongkal Kabupaten Pemalang dan Bumijawa Kabupaten Tegal.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia, Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Sutan P. Siregar mengungkapkan bahwa kegiatan latihan tersebut akan berlangsung selama kurang lebih 2 minggu yang akan diikuti oleh seluruh prajuritnya dari Pamtas Kalbar.

Seluruh materi Pamtas sudah disiapkan oleh penyelenggara kegiatan. Dan semua prajurit sudah terbagi kedalam 29 pos.

Dalam sambutannya, Komandan Brigif -4/DR, Kolonel Inf Endar Setyanto selaku Wadanlat, pada saat pembukaan Pratugas Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK mengatakan walaupun masih pandemic, semua prajurit harus tetap serius dan fokus dalam latihan ini.

"Justru di sinilah dapat melatih bagaimana prosedur pelaksanaan latihan, karena nantinya dalam pelaksanaan tugas kemungkinan besar masih dalam situasi pandemi Covid-19",ujarnya.

"Ini pratugas, kita harus adaptif dengan perubahan situasi yang ada, kita langsung bergabung dengan masyarakat. Ini adalah untuk menguji tim yang dibentuk masing-masing, mengevaluasi kerjasama yang dibangun selama ini," katanya.

Setyanto juga menegaskan kepada seluruh prajurit untuk bersungguh-sungguh walaupun ini hanya sebagai ajang latihan. Karena kegiatan ini sebagai awal pelaksanaan tugas pengamanan perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat.

"Sudah banyak pembekalan yang diberikan. Saya harapkan apa yang sudah dibekalkan dapat dipedomani dan dilaksanakan dengan baik. Khususnya hal-hal terkait dengan prosedur pelaksanaan tugas yang ada di lapangan nanti",katanya.

Dia juga berharap bahwa, latihan jangan sampai di sia-siakan begitu saja oleh seluruh prajurit.

Baca Juga: Terjadi Lagi, Kasus Penipuan Penerimaan CPNS di Kab. Pemalang

"Ini betul-betul dilaksanakan ataupun dirasakan oleh seluruh prajurit sebagai hal yang nantinya memang harus dilaksanakaan. Sehinga nuansa yang harus dibangun oleh prajurit adalah ini pelaksanaan tugas yang sebenarnya",tegasnya.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait