Pojok Pantura

Tegal, 06 Juli 2020

Wisata Guci Tegal Sudah Buka, Tapi Banyak Wahana Yang Masih Tutup

Pojok Pantura | PojokPantura.Com, Tegal – Setelah memperoleh izin dari Pemkab Tegal dan Rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19 Kab. Tegal, Obyek Wisata Guci dibuka kembali kemarin (05/07/2020). Mulai dari gerbang utama Guci sudah menggunakan protokol kesehatan dan terpantau masih banyak wahana dan kolam air panas yang masih tutup.

Bupati Tegal, Umi Azizah membenarkan jika obyek wisata di Kabupaten Tegal sudah dibuka, setelah ada rekomendasi dari tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tegal. Namun, sebelum dibuka total seluruh wahana di Guci, pihaknya akan melakukan simulasi lebih dulu. Simulasi akan melibatkan tim Gugus Tugas dan seluruh tenaga obyek wisata. Simulasi dan sosialisasi dimulai tanggal 5 Juli-18 Juli 2020.

“Pada prinsipnya, nanti akan dibuka menyeluruh. Tapi tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Umi.

Adapun protokol kesehatan yang dimaksud yakni, pengelola obyek wisata harus menyiapkan tempat cuci tangan. Tenaga wisata dan pengunjung wajib memakai masker dan jaga jarak atau social distancing. Jika ada pengunjung yang tidak memakai masker maka tidak diperbolehkan masuk. Begitu pula dengan jumlah pengunjung, harus ada angka maksimal.

“Hari ini Minggu, Guci sudah dibuka bertahap. Tapi jumlah pengunjung harus dibatasi, jangan 100 persen dimasukkan semua, harus bertahap,” katanya.

Memang terlihat dari pantauan Pojokpantura.com, banyak sekali wisatawan dari luar daerah kabupaten Tegal tidak diperbolehkan masuk. Dalam tahap simulasi dan sosialisasi ini khusus warga kabupaten Tegal saja yang diperbolehkan masuk. Itu pun dibatasi perhari 350 pengunjung.

Terpantau juga di dalam Obyek Wisata Guci, Sudah banyak pedagang yang buka dan parkiran motor dan mobil sudah diberi jarak aman social distancing. Penyewaan vila atau penginapan pun sudah diperbolehkan. Tetapi terlihat dihari pertama kemarin, banyak wahana dan tempat pemandian air panas yang masih tutup, seperti pancuran 5, pancuran 13 dan kolam renang air panas pun masih tutup.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait

Tambahkan aplikasi Pojok Pantura di smartphone tanpa install, buka website Pojok Pantura dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya kamu sudah dapat mengakses website Pojok Pantura dengan sekali klik dari layar utama smartphone Anda.