Pojok Pantura

19 September 2020

Dihadiri Presiden Secara Virtual, GP. Ansor Gelar Konbes Ke-XXIII di Sulawesi Utara

Pojok Pantura | PojokPantura.Com - Setelah sebelumnya tertunda akibat pandemic covid-19, kemarin Jum’at (18/9) Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor sukses melangsungkan pembukaan Konferensi Besar (Konbes) ke-XXIII di Sulawesi Utara.

Agenda kemarin berlangsung di Hotel Mercure Manado Tateli Resort and Convention Minahasa Sulawesi Utara. Berbeda dengan acara serupa sebelumnya, kemarin pembukaan Konbes dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) namun secara virtual.

Selain diikuti oleh pejabat pemerintahan pusat dan pengurus PBNU secara virtual, Konbes juga akan dihadiri Gubernur Olly Dondokambey beserta jajaran Forkopimda Sulawesi Utara, Kapolda Sulawesi Utara, Pangdam dan Pengurus PWNU Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya, ketua umum PP. GP. Ansor, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan acara ini nantinya akan menetapkan kebijakan organisasi agar terus berkhidmah, Tak ketinggalan, ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh penyelenggara acara Konbes GP. Ansor ke-XXIII, khususnya kepada Gubernur Sulawesi Utara yang telah mendukung penuh acara ini.

“Konbes ini akan menetapkan kebijakan organisasi. Agar GP. Ansor terus menerus berkhidmat dan beradaptasi dengan perkembangan baru di era digital. Atas terselenggaranya Konbes GP. Ansor kali ini, kami mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Yang berkat dukungan beliau kegiatan berlangsung baik. Karena semua support ini dari beliau”, ujar Yaqut.

Olly Dondokambey selaku Gubernur Sulawesi Utara dalam acara itu mengatakan terimakasih kepada PP. GP. Ansor yang telah memilih daerahnya, khususnya Minahasa sebagai tempat Konbes.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Sulawesi Utara, kami mengucapkan terimakasih kepada PP. GP Ansor yang sudah memilih Sulawesi Utara sebagai tempat Konbes ke-XXIII GP. Ansor. Terutama tempat pemilihan kabupaten Minahasa. Karena memang sejarahnya, Minahasa adalah daerah pertama masuknya Islam di Sulawesi Utara”, kata Olly.

“Hal ini juga menggambarkan situasi kerukunan yang terjadi di provinsi Sulawesi Utara, yang sampai hari ini terwujud dengan bai katas peran serta dari salah satunya GP. Ansor Sulawesi Utara”, tambahnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo yang sedari awal mengikuti acara pembukaan Konbes GP. Ansor di Sulut itu memberikan sambutan dan membuka acara tersebut secara virtual dari istana negara. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi peran dan Khidmah GP. Ansor untuk bangsa Indonesia selama lebih dari setengah abad itu.

“GP. Ansor yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama mewarisi semangat para Ulama Hubbul Wathon Minal Iman (mencintai tanah air adalah sebagian dari iman). Warisan semangat para ulama inilah membuat GP. Ansor selalu dibutuhkan kehadirannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”, kata Jokowi.

“Dan ini sudah dibuktikan oleh GP. Ansor dalam kiprahnya selama lebih dari setengah abad untuk terus berdiri kokoh memainkan peran sebagai simpul kebangsaan. Ini yang sejak lama saya mengapresiasi kiprah GP. Ansor”, jelasnya.

Konbes ini dilaksanakan mulai tanggal 18-20 September 2020. Diikuti oleh 150 peserta. Yang terdiri dari unsur pimpinan pusat dan 34 utusan pimpinan wilayah GP. Ansor seluruh Indonesia. Acara Konbes GP. Ansor ke-XXIII kali ini ditutup oleh doa yang dipimpin oleh Katib Aam Syuriah PBNU, KH. Yahya Cholil Tsaquf, juga secara virual dari Rembang.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait

Tambahkan aplikasi Pojok Pantura di smartphone tanpa install, buka website Pojok Pantura dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya kamu sudah dapat mengakses website Pojok Pantura dengan sekali klik dari layar utama smartphone Anda.