Pojok Pantura

Ini Dia 10 Manfaat Nanas Madu Untuk Kesehatan Manusia

PojokPantura.Com - Nanas merupakan salah satu jenis buah yang disukai oleh orang Indonesia. Selain factor harganya yang tergolong murah, nanas juga buah yang sangat mudah didapat di berbagai musim dan tempat. Baik di mall, pasar tradisional maupun pedagang di pinggir jalan.

Perlu kalian ketahui Brazil, Paraguay dan Bolivia adalah negara-negara tropis dan subtropis yang pertama kali memperkenalkan buah nanas di dunia. Sehingga cocok ketika dibudidaya di Indonesia yang beriklim tropis. Umumnya daerah-daerah di Indonesia yang membudidayakan buah nanas berada di daerah pegunungan yang rata-rata bersuhu 23-32 derajat celcius dan berada diketinggian 800-1200 mdpl.

Di Indonesia, ada beberapa jenis buah nanas yang dibudidayakan. Di antaranya nanas queen yang berasal dari Pontianak, Jember, Palembang dan Purwokerto. Lalu ada nanas cayenne yang berasal dari Subang. Kemudian nanas honi yang berasal dari Lampung. Setelah itu ada Nanas Madu yang berasal dari Pemalang dan Bogor. Selain nama-nama tersebut, ada juga nanas medusa, red Spanish, purple Spanish dan Abaxaci.

Setiap jenis nanas punya keunggulan dan spesifikasi masing-masing. Namun dari berbagai jenis-jenis buah nanas di atas, nanas madu-lah yang banyak beredar dipasaran dan juga banyak yang mengkonsumsinya. Sama seperti buah pada lazimnya yang memiliki efek baik untuk kesehatan bagi penikmatnya, nanas madu ternyata juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Setidaknya ada 10 manfaat nanas madu untuk kesehatan yang sudah teruji secara klinis. Di bawah ini manfaat-manfaat nanas madu yang salah satu daerah produsennya ada di daerah Belik Pemalang.

Mencegah Asma

Salah satu kandungan dalam nanas madu ialah Beta Karoten. Nah, senyawa atau zat Beta Karoten inilah yang membuat manfaat nanas madu untuk kesehatan dengan mencegah peradangan saluran pernapasan dan asma. Orang-orang yang mengidap asma bisa disebabkan dari polusi udara dan stress yang parah. Akibatnya dari itu pernapasan menjadi sempit dan sesak. Ketika orang yang mengidap asma mengkonsumsi nanas madu, maka efek anti inflamasi dalam buah itu akan mengurangi peradangan dan penyempitan pernapasan.

Baik Untuk Kesehatan Kulit

Jika kalian termasuk orang sering beraktivitas di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari juga polusi udara. Maka sering-sering pulalah kalian untuk mengkonsumsi nanas madu. Karena perlu kalian ketahui, nanas madu mengandung vitamin C dan aktioksidan yang mampu menyehatkan kulit.

Di tambah lagi, ada pembentukan kolagen ketika kalian sering mengkonsumsi nanas madu. Zat-zat yang membuat manfaat nanas madu untuk kesehatan tersebut dapat memperbaiki kerusakan kulit kalian dari efek-efek jahat sinar matahari dan polusi udara seperti kulit keriput dan penuaan dapat dicegah.

Menjaga Kesehatan Gigi Dan Gusi

Selanjutnya ialah manfaat nanas madu untuk kesehatan gigi dan gusi. Sebab dari itu adalah kandungan mineral yang ada pada buah nanas madu ini. Jadi orang yang mengkonsumsi nanas madu akan terhindar dari tanggalnya gigi, plak pada gigi dan dapat pula meguatkan gusi kalian.

Walaupun demikian, perlu diperhatikan juga bahwa nanas madu mempunyai kandungan gula yang cukup banyak. Maka pengkonsumsiannya perlu dibatasi dan setelah mengkonsumsi nanas madu juga diusahakan meminum air mineral.

Meredakan Nyeri Haid

Waktu haid, umumnya perempuan seringkali merasakan kram dan nyeri di daerah sekitar perut. Bahkan rasa nyeri kadangkala mengganggu aktivitasnya. Tahukah kalian jika nanas madu dapat meredakan atau mengurangi nyeri saat haid. Manfaat nanas madu untuk kesehatan bagi perempuan saat haid ini sebab adanya zat antioksidan dan bromelain yang terkandung di dalamnya.

Kerja dari antioksidan yakni bisa meredakan peradangan yang menjadi penyebab kram perut saat haid. Sedangkan bromelain dapat membantu merelaksasi otot-otot sekitar perut. Maka dari itu antioksidan dan bromelain yang ada pada nanas madu ini dapat meminimalkan rasa nyeri saat haid.

Baik Untuk Kesuburan

Manfaat nanas madu untuk kesehatan sebab dari banyaknya kandungan zat-zat yang baik bagi tubuh manusia. Maka dari itu, nanas madu juga direkomendasikan buat kesuburan. Zat-zat seperti antioksidan yang tinggi dalam nanas madu, Vitamin C, beta-karoten dan bromelain berdampak baik pada kesuburan bagi ibu-ibu yang mengonsumsinya.

Dengan kombinasi zat-zat yang berdampak baik di atas, nanas madu bisa meningkatkan sirkulasi darah ke rahim dan meningkatkan kualitas lendir pada serviks. Hal ini dapat membantu memperlancar pergerakan sperma untuk membuahi telur. Selain itu juga, mengonsumsi nanas madu juga bermanfaat untuk mencegah impotensi, penyakit yang dihindari kaum pria.

Mencegah Kanker

Antioksidan yang tinggi yang terdapat pada nanas madu juga bisa mengatasi radikal bebas yang merupakan faktor risiko kanker yang berawal dari peradangan peradangan. Selain itu Bromelain yang juga terkandung pada nanas madu diterangkan dalam sebuah penelitian yang menunjukan bahwa zat itu dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara serta merangsang kematian sel kanker. Studi lainnya mengatakan bromelain efektif terhadap kanker kulit dan usus besar.

Membantu Program Diet

Jika kalian sedang dalam program diet dan masih bingung mau mengkonsumsi jenis makanan yang dapat mendukung baik program kalian, maka nanas madu adalah salah satu buah yang direkomendasikan dikonsumsi semasa program diet kalian. Manfaat nanas madu untuk kesehatan dalam program diet itu dikarenakan adanya kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori.

Hal di atas artinya bahwa ketika kalian mengkonsumsi nanas madu maka akan merasa kenyang lebih lama dibandingkan makan makanan biasa karena nanas madu memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Walaupun demikian, kalian jangan terlalu menggebu-gebu dalam mengkonsumsi nanas madu. Khawatir akan berdampak buruk, maka cara konsumsinya pun harus dibatasi.

Baik Untuk Pencernaan

Jika kalian memiliki pancreas (satu organ tubuh dipencernaan) yang tidak dapat memproduksi enzim pencernaan secara cukup sehingga membuat pencernaan terganggu, maka nanas madu direkomendasikan untuk kalian konsumsi Karena nanas madu mengandung bromelain, yaitu enzim yang bisa membantu memecah protein. Enzim ini memecah protein dalam makanan sehingga lebih mudah dicerna di usus halus. Di samping itu juga, bromelain melindungi usus dari bakteri penyebab diare.

Mengeluarkan Zat Zat Beracun Dalam Tubuh

Zat-zat racun yang masuk dalam tubuh manusia biasanya lewat makanan yang dikonsumsi maupun polusi. Efek dari radikal bebas/zat-zat beracun ini bisa berupa rusaknya sel-sel dalam tubuh sehingga membuat sel-sel mengalami peradangan, menurunkan imunitas tubuh, dan menjadi faktor risiko munculnya kanker. Nah nanas madu sebagai salah satu buah yang kaya akan Antioksidan ini cocok buat kalian yang seringkali tanpa sadar mengkonsumsi makanan yang macam-macam. Karena vitamin A dan C yang memiliki efek antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan menetralisirnya.

Memperkuat Tulang

Bagi orang tua yang berusia lanjut, disarankan mengkonsumsi nanas madu. Karena nanas madu juga mengandung mineral yang berupa fosfor dan kalium yang dapat mencegah osteoporosis. Namun pengkonsumsiannya memerlukan anjuran dokter atau bisa dikatakan secukupnya saja. Hal ini karena nanas madu juga mengandung kandungan gula yang tinggi.

Baca Juga: Berikut Ini Manfaat Nanas Madu Untuk Kolesterol

Manfaat nanas madu untuk kesehatan tulang betul-betul diketahui oleh pelatih atau ahli gizi dari para atlet. Makanya banyak atlet yang mengkonsumsi nanas, terutama nanas madu karena mereka seringkali melakukan latihan fisik yang memerlukan kekuatan tulangnya.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait