Pojok PanturaPojok Pantura

Berikut Ini Manfaat Nanas Madu Untuk Kolesterol

Berikut Ini Manfaat Nanas Madu Untuk Kolesterol

PojokPantura.Com - Buah nanas terutama yang berjenis madu adalah buah yang seringkali kita jumpai setiap hari. Baik di pinggir-pinggir jalan, pasar tradisional maupun di mall. Hal ini menandakan nanas madu tidak kenal musim atau seringkali panennya di setiap waktu. Salah satu daerah yang membudidaya dan produsen nanas madu ialah Belik Pemalang.

Dalam artikel yang dibuat dan dipost oleh pojokpantura.com mengenai manfaat nanas madu untuk kesehatan manusia kemarin, kita sudah mengetahui beberapa manfaat buah yang kaya serat tersebut untuk kesehatan kita. Lalu ada pertanyaan lanjutan tentang manfaat nanas madu, apakah kandungan-kandungan yang ada di buah tersebut bermanfaat buat menurunkan kader kolesterol?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita harus ketahui dulu apa itu kolesterol. Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Diketahui, zat ini diproduksi secara alami oleh organ tubuh. Namun zat ini juga bisa didapat ketika kita makan makanan yang berasal dari hewan, semisal daging dan susu.

Manfaat kolesterol adalah untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi beberapa horman tubuh dan menghasilkan vitamin D. Betapapun bermanfaat bagi tubuh, kolesterol juga bisa mengganggu kesehatan ketika kadarnya terlalu tinggi. Orang yang memiliki kolesterol tinggi tidak akan menimbulkan gejala apapun. Nah, sebenarnya ini bahayanya, karena jika orang kelamaan memiliki kolesterol tinggi, maka akibatnya akan menimbulkan penyakit komplikasi seperti jantung atau stroke.

Akibat di atas timbul karena kolesterol tinggi yang terlalu lama mengendap di dinding pembuluh darah arteri dan membentuk plak, yang nantinya akan menyempitkan arteri dalam tubuh. Kondisi ini disebut oleh para ahli dengan aterosklerosis. Kondisi aterosklerosis yang dibiarkan terlalu lama inilah membuat aliran darah tersumbat dan terakhir akan menimbulkan penyakit yang sudah di sebutkan di atas seperti stroke dan serangan jantung.

Ada Manfaat Nanas Madu Untuk Kolesterol

Banyak orang bilang bahwa nanas madu memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol yang tinggi dalam diri manusia. Apalagi buah berwarna kuning dan bermahkota ini terkenal memiliki kandungan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, antioksidan dan enzim.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Biomedical Reports, nanas diterangkan bahwa buah nanas sudah digunakan untuk solusi untuk mengobati berbagai penyakit sejak dulu. Seperti halnya orang yang sedang program diet juga seringkali menjadikan nanas madu sebagai salah satu buah yang dikonsumsi secara rutin, hal ini dikarenakan rendahnya kalori dan tidak mengandung lemak sama sekali. Kemudian, bagaimana dengan manfaat buah nanas untuk kolesterol, apakah ini hanya mitos? Apakah betul buah yang pertama kali dibudidaya di Amerika ini bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh?

Menurut beberapa penelitian yang dilaksanakan di Indonesia, buah nanas madu memang bermanfaat khasiatnya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Efek ini pun bisa didapat ketika Anda mengonsumsi nanas madu dalam bentuk segar maupun minuman jus. Berikut kandungan yang membuat manfaat nanas madu untuk kolesterol:

Myricetin

Ini berfungsi mengubah penyerapan hati, perakitan dan pengeluaran trigliserida (salah satu komponen yang bisa menaikkan kadar kolesterol total di dalam darah), serta pengolahan plasma di dalam tubuh yang nantinya bisa memperbaiki kadar lipid (lemak), sampai keseluruhan.

Polifenol

Salah satu jeni antioksidan ini pula ternyata bisa memperbaiki kadar lipid dengan cara memperbanyak enzim Paroxanase yang kemudian secara otomatis akan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah.

Vitamin C

Jenis vitamin ini juga tergolong sebagai antioksidan yang bisa memperbaiki profil lipid dengan memunculkan cairan empedu melalui pembuangan kolesterol di luar organ hati.

Niasin

Niasin dengan dosis besar akan menghambat mobilisasi lemak ke hati sehingga akan mengurangi sintesis trigliserida.

Walaupun bisa seperti di atas, penelitian yang membuktikan manfaat nanas madu untuk kolesterol tidak menerangkan kuantitas nanas madu yang perlu dikonsumsi agar kadar kolesterol bisa turun. Namun ketika anda berkeinginan untuk mengkonsumsi nanas madu sebagai opsi pengobatan dislipidemia (kolesterol tinggi), disarankan tetap berkonsultasi dengan dokter ahlinya. Karena bagaimanapun harap diperhatikan bahwa dengan hanya mengkonsumsi nanas madu saja tidak cukup. Hal ini disebabkan buah ini diperkirakan tidak bisa menjaga kadar kolesterol di dalam darah tetap stabil dalam jangka panjang.

Artikel Terkait: Manfaat Nanas Madu Untuk Diet, Begini Cara Penyajianya

Disarankan pula, selain mengkonsumsi nanas madu, anda juga harus berikhtiar untuk melakukan pola hidup sehat secara terus menerus, semacam berikut ini:

  1. Selalu mengonsumsi berbagai makanan yang ramah bagi jantung dan diiringi dengan menghindari makanan tinggi lemak jenuh, seperti daging merah dan susu penuh lemak serta lemak trans seperti gorengan dan kue kering. Selain itu juga konsumsilah makanan berserat, protein, dan omega-3.
  2. Berusaha untuk olahraga minimal 30 menit per hari selama 5 hari dalam seminggu, atau senam aerobik dengan intensitas tinggi selama 20 menit per hari sebanyak 3 hari dalam seminggu.
  3. Bergerak aktif atau beraktivitas setiap hari, seperti memperbanyak jalan kaki, bersepeda, atau melakukan pekerjaan rumah.
  4. Jika anda perokok, maka cobalah untuk berhenti, supaya kadar kolesterol baik di dalam tubuh menjadi cepat naik.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait