Pojok Pantura

Manfaat Nanas Madu Untuk Diet, Begini Cara Penyajianya

PojokPantura.Com - Setelah sebelumnya pojokpantura.com menguraikan manfaat nanas madu untuk kesehatan dan kolesterol, kini artikel pojokpantura.com akan membahas mengenai sebab-sebab nanas madu bermanfaat untuk diet dan cara penyajiannya berdasarkan berbagai sumber terpercaya.

Di artikel-artikel sebelumnya, sudah disinggung manfaat-manfaat jika kita mengkonsumsi nanas madu. Hal tersebut dikarenakan kandungan nanas madu yang dapat membuat pengkonsumsinya mendapatkan dampak baik bagi kesehatannya. Di tengah-tengah masyarakat, ada banyak anggapan bahwa nanas madu dapat menurunkan berat badan atau bisa menjadi makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat melakukan program diet. Apakah demikian, mari kita cari tahu.

Banyak di antara kita punya impian memiliki tubuh yang ideal. Tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Hal ini karena jika memiliki tubuh ideal, kita akan terlihat menawan dan untuk beraktifitas pun akan lebih nyaman. Untuk mencapai impiannya banyak orang yang merasa dirinya gemuk, mereka akan memprogramkan diet atau program untuk menurunkan berat badannya.

Dalam menjalankan program dietnya, tak sedikit orang yang gagal. Dari sekian banyak yang gagal itu disebabkan karena tak bisa menjaga pola makan dan tidak bisa memilih makanan yang dapat mensupport program dietnya. Maka banyak orang yang berhasil dalam program dietnya seringkali berbicara mengenai pentingnya pemilihan makanan yang support untuk menurunkan berat badan.

Pemilihan makanan tak boleh asal-asalan. Harus disertai dasa dari dokter atau referensi yang terpercaya. Nah salah satu makanan yang tergolong buah-buahan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat program diet adalah nanas madu. Ya, dari berbagai sumber yang kredibel, ternyata adanya manfaat nanas madu untuk diet. Namun tentunya dengan anjuran dokter atau ahli tentang pola makan dan sedikit banyaknya nanas madu yang perlu dikonsumsi.

Kandungan Nanas Madu Yang Mensupport Program Diet

Sebelum kita tahu tata cara penyajian nanas madu dalam program diet, alangkah baiknya kita mengerti kandungan-kandungan apa saja yang ada manfaat nanas madu untuk diet. Buah yang identic dengan warna kuning terang dan mahkotanya ini sering kita jumpai di pasar tradisional, pedagang buah pinggih jalan maupun di supermarket. Hal ini memudahkan kita untuk mendapatkannya.

Buah yang mempunyai rasa manis dan sedikit asam ini banyak digemari oleh semua orang di seluruh lapisan masyarakat. Baik disajikan secara langsung setelah dikupas kulitnya, dijus ataupun dirujak dengan buah lainnya. Nah, dibalik kelezatannya, nanas madu juga memiliki kandungan yang dapat mendukung jika dikonsumsi orang-orang dalam program diet. Berikut beberapa kandungan yang membuat manfaat nanas madu untuk diet di antaranya sebagai berikut:

Bromelain

Bromelain ialah enzim proteolitik yang dapat menolong untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan dalam tubuh diyakini dapat menambah berat badan dan mengakibatkan hormon pengendali berat badan (leptin) menjadi kurang aktif.

Tinggi Serat

Nanas madu mempunyai kandungan serat yang dapat larut dalam air. Jikalau memakan nanas secara rutin dan dengan porsi tepat, kandungan seratnya bisa membuat perut kenyang lebih lama. Walhasil, kalori yang masuk ke dalam tubuh pun dapat dibatasi atau tidak begitu banyak.

Rendah Kalori

Menurut penelitian, nanas madu kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, dan fitonutrien. Satu cangkir nanas mengandung 82 kalori. Karena mengandung banyak air dan mengenyangkan, makan nanas madu bisa membuat kita tidak merasa lapar untuk waktu yang bisa dikatakan lama.

Vitamin B1

Vitamin B1 merupakan senyawa enzimatik yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Saat kitam bergerak aktif karena punya banyak energi, racun di dalam tubuh menjadi semakin sedikit dan metabolisme tubuh bisa bekerja dengan baik. Nah jika ini terjadi, pada akhirnya berat badan dapat turun dengan cepat.

Cara Penyajian Agar Manfaat Nanas Madu Untuk Diet Terasa

Setelah memilih nanas madu dalam daftar buah yang akan dikonsumsi saat program diet, maka alangkah perlunya kita mengerti cara penyajiannya, agar manfaat nanas madu untuk diet terasa yang bisa kita coba selama 3 hari. Berikut cara penyajiannya:

Sarapan

Saat pagi hari, konsumsilah dua irisan nanas madu dan sepotong roti untuk sarapan selama 3 hari pertama. Ini harus rutin dilakukan dalam 3 kali sarapan dengan porsi yang sama. Setelah itu, buatlah segelas jus sebagai camilan dengan cara merebus nanas madu di air selama 20 menit. Kemudian biarkan dingin terlebih dulu sebelum meminumnya.

Makan Siang

Untuk makan siangnya, sebaiknya mengonsumsi 200gr dada ayam yang dimasak dengan sedikit mustard dan sejumput garam. Lalu kemudian kita dapat mengonsumsi 3 irisan nanas untuk pencuci mulut. Untuk camilan atau sebagai makanan ringan, kita bisa makan nanas madu segar atau secangkir yoghurt rendah lemak.

Makan Malam

Diwaktu malam, konsumsilah masakan sayur seperti wortel dan daun bawang. Untuk menemani sayuran di atas, kita dapat menambah semangkuk selada dan juga sedikit ayam. Lalu sebagai penutup. Kita bisa makan nanas madu segar.

Dalam program diet menggunakan cara penyajiannya di atas, sebaiknya dilakukan hanya selama 3 hari. Setelah 3 hari, kita bisa lihat perkembangan dan hasilnya. Jika hasilnya baik alias berat badan kita turun, maka lakukan kembali dengan jeda beberapa hari. Namun jika tidak, kita bisa konsultasikan ke dokter. Karena mungkin ada yang kurang tepat dalam pola makan atau pola aktivitas kita.

Menurut dr. Devia Irine Putri, hal lain yang harus diperhatikan pula agar manfaat nanas madu untuk diet terasa baik adalah dengan pengimbagi pengkonsumsian nanas dengan makanan sehat lain agar perut tidak hanya terisi dengan satu jenis makanan atau buah. Artinya tak boleh hanya makan nanas madu saja.

“Sebenarnya prinsip diet itu tidak makan buah saja, tapi tetap makan sumber lainnya seperti karbohidrat, protein, lemak, dan jumlahnya dibatasi,” ungkap dr. Devia.

“Kalau hanya makan nanas saja pasti akan lemas dan tubuh jadi tidak berenergi. Nanas bisa dikombinasikan dengan buah lain misalnya untuk salad buah dan jus,” jelas dr. Devia.

Atikel Terkait: Berikut Ini Manfaat Nanas Madu Untuk Kolesterol

Menurutnya apapun yang berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, termasuk jika kita cuman makan nanas madu setiap harinya, walaupun untuk niat yang baik. Dijelaskan pula oleh dr. Devia, bahwa ada beberapa efek samping yang bisa lahir ketika terlalu banyak makan nanas madu di antaranya, muncul reaksi alergi, asam lambung naik dan sakit perut.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait