Pojok PanturaPojok Pantura

Berita, Daerah, Brebes,

Dishub Kab. Brebes: Lampu Jalan Masih Kuang 15 Ribu buah, Masyarakat Dihimbau Berhati-hati

Dishub Kab. Brebes: Lampu Jalan Masih Kuang 15 Ribu buah, Masyarakat Dihimbau Berhati-hati

PojokPantura.Com - Penerangan Jalan Umum (PJU) sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama saat kondisi malam hari. Baik pejalan kaki, pengguna sepeda motor dan sopir truk, semuanya memerlukan penerangan jalan agar penglihatan saat berkendara tidak gelap.

Hal di atas menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Perhubungan. Tetapi baru-baru ini, ada pengakuan dari Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Brebes, M Reza Prisman, yang mengatakan kab. Brebes masih kurang belasan ribu lampu jalan.

“Dari perhitungan Dishub, sampai saat ini, sekitar 10 ribu PJU yang terpasang. Kebutuhan ideal kita 25 ribu PJU,” ungkap Reza.

Ia juga mengatakan, apabila jumlah keseluruhan panjang jalan Kabupaten Brebes sekitar 800 kilometer dan dengan ideal jarak setiap 40 meter satu PJU. Keadaan ini membuat sebagian besar jalanan di seluruh kabupaten Brebesb terlihat gelap.

“Ya memang masih kurang sekali jumlah PJU, dikarenakan juga terbatas alokasi dana sehingga pemasangan itu dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Reza pun berharap dengan sedikitnya lampu penerangan jalan yang menjadi sebab jalanan menjadi gelap, masyarakat harus berhati-hati, terutama di beberapa titik jalan yang rusak.

“Keterbatasan PJU yang ada, kami selalu imbau masyarakat untuk lebih hati-hati saat berkendara terutama di malam hari. Apalagi, dengan kondisi jalan di sejumlah titik rusak,” jelasnya.

Baca Juga: Pro Kontra Pembatasan Jalan Alun-Alun Brebes, Ini Kata Sejarawan Brebes

Terakhir, ia pun menginformasikan bahwa keperluan PJU tak dapat dipenuhi dalam waktu singkat. Hal itu karena Pemkab sebagian besar mengandalkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan pemerintah pusat.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait