Pojok PanturaPojok Pantura

Berita, Nasional,

Asyik, Bandara JB Soedirman Purbalingga Sudah Mulai Beroperasi

Asyik, Bandara JB Soedirman Purbalingga Sudah Mulai Beroperasi

PojokPantura.Com - Kabar baik untuk warga Jawa Tengah, khususnya warga kabupaten Purbalingga dan daerah sekitarnya, bahwa Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga sudah mulai beroperasi.

Kabar ini diberitakan sendiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam akun Twitter-nya seminggu yang lalu. Ia menuliskan. "Alhamdulillah, satu lagi bandara beroperasi di Jawa Tengah, yaitu Bandara JB. Soedirman Purbalingga," tulis Ganjar.

Seminggu kemudian, tepatnya Jum’at kemarin (11/6) Presiden RI Joko Widodo datang untuk meninjau pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, yang walaupun belum 100 persen tetapi sudah sukses beroperasi.

Dalam kunjungannya, presiden didampingi oleh sejumlah pejabat seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, hingga Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

Saat memberikan sambutan, Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada kepala daerah dan pihak-pihak terkait atas kontribusinya selama proses pembangunan ini.

"Terima kasih kepada Pak Gubernur Jawa Tengah, ada Ibu Bupati Purbalingga, dan seluruh daerah di Purbalingga yang telah banyak ikut berkontribusi dalam pembangunan ini," ujar Jokowi.

Kendati belum selesai 100 persen, termasuk terminal bandara masih dalam pengerjaan itu, Presiden Jokowi mengapresiasi suksesnya pengoprasian bandara JB Soedirman.

"Saya kira ini akan lebih produktif seperti itu dari pada kita menunggu terminalnya harus selesai, kemudian baru dilakukan penerbangan," ungkap Jokowi.

"Saya kira cara-cara cepat seperti ini yang akan terus kita lakukan terhadap juga airport,airport yang lain yang dalam proses dibangun," kata dia. berharap, keberadaan Bandara Jenderal Besar Soedirman tidak hanya menumbuhkan ekonomi di Kabupaten Purbalingga saja, tetapi juga di Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo, Kebumen, dan daerah-daerah sekitarnya.

"Sehingga kita harapkan mobilitas orang, mobilitas barang, mobilitas logistik akan menjadi lebih baik, sehingga akhirnya akan memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi pada wilayah di Jawa Tengah bagian selatan ini," kata dia.

Diketahui, panjang runway atau landasan pacu Bandara Jenderal Besar Soedirman yang telah selesai dibangun mencapai 1.600 meter dan lebarnya hingga 30 meter. bandara ini dibangun selama 2 tahun yakni, 2019 hingga 2021 yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero). Mengutip laman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, Bandara JB Soedirman dibangun di atas lahan seluas 115 hektar oleh PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai kontrak sebesar Rp 231 miliar. Konstruksi Tahap I ini terdiri dari pekerjaan runway sepanjang 1.600 meter dan lebar 30 meter, taxiway, apron, serta terminal penumpang dengan kapasitas 98.812 penumpang per tahun.

Penerbangan sudah mulai dilakukan minggu lalu dengan rute dari Jakarta ke Purbalingga, dan dari Purbalingga ke Surabaya oleh pesawat Citilink. Penumpang yang diangkut oleh pesawat tersebut pun mencapai lebih dari 70 persen.

Diharapkan, Keberadaan Bandara JB Soedirman membuat Jawa Tengah menambah konektivitas empat bandara komersial yang sudah ada di Jawa Tengah semisal Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Sumarmo Surakarta, dan Bandara Tunggul Wulung Cilacap.

Sementara ini penerbangan Bandara JB Soedirman hanya melayani penerbangan komersil dua kali dalam seminggu. Maskapai yang akan melayani yakni Citilink dengan rute Bandara Juanda Surabaya-Purbalingga-Halim Perdanakusuma Jakarta.

Baca Juga: Kemenag Dorong Guru Honorer Agama Masuk Usulan PPPK Kemendikbud

Berikut ini jadwal penerbangan maskapai Citilink yang beroperasi di Bandara JB Soedirman dua kali seminggu, yakni Kamis dan Sabtu.

  • Surabaya (SUB) - Purbalingga (PWL) pukul 09.30-11.05 WIB.
  • Purbalingga (PWL) - Jakarta (HLP) pukul 11.50-13.10 WIB.
  • Jakarta (HLP) - Purbalingga (PWL) pukul 13.40-14.50 WIB.
  • Purbalingga (PWL) – Surabaya (SUB) pukul 15.15-16.50 WIB.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait