Pojok PanturaPojok Pantura

Loker,

BAWASLU RI Buka Penerimaan CPNS 2021, Ini Informasi Lengkapnya

BAWASLU RI Buka Penerimaan CPNS 2021, Ini Informasi Lengkapnya

PojokPantura.Com - Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (BAWASLU RI) pada tahun 2021 ini membuka banyak formasi buat penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini sebagaimana surat keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 739 tahun 2021 tentang Penetapan kebutuhan pegawai aparatur sipil negara di lingkungan Badan Pengawas Pemilihan Umum tahun anggaran 2021.

Sesuai namanya, BAWASLU ialah Lembaga Negara yang memiliki tugas dan tanggungjawab di antaranya menyusun persyaratan tata laksana pengawasan Penyelenggara pengawas Pemilu di setiap tingkatan, melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu dan sengketa dan putusannya.

Selain itu, Bawaslu juga bertugas mengawasi segala proses penyelenggaraan Pemilu, mencegah terjadinya praktik penyelewengan, mengawasi netralitas PNS, TNI dan Polisi, menyampaikan praduga pelanggaran kepada pihak yang terkait, mengelola, memelihara, dan merawat arsip, mengevaluasi pengawasan Pemilu, mengawasi pelaksanaan Peraturan KPU dan Melaksanakan kiprah lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Diketahui, Bawaslu memiliki berbagai tingkatan mulai dari pusat, provinsi, kabupaten sampai kecamatan. Nantinya anggota Bawaslu kecamatan memilih kordinator pengawas pemilu di setiap desa dan tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca

Di tahun ini Bawaslu RI membuka total 334 formasi dari 8 jabatan yang dibutuhkan. Dengan alokasi formasi untuk umum 280, cumlaude 33, disabilitas 7, putra/putri Papua/Papua Barat sebanyak 14 orang. Dari ke 334 orang yang diterima, nantinya akan ditempatkan di Sekretariat Jenderal dengan unit kerja yang sudah ditentukan.

Adapun Informasi selengkapnya mengenai nama jabatan, kualifikasi Pendidikan, jumlah alokasi formasi, penempatan unit kerja, kategori pelamar, persyaratan umum dan khusus, tata cara pendaftaran dan penjelasan mengenai tahapan seleksi dan sistem kelulusan, bisa kalian lihat di link yang dokumennya bisa di download diatas.

Loker Lainnya: Kemenag RI Buka Penerimaan CPNS 2021, Ini Informasi Lengkapnya

Setelah mendaftar, pelamar diharuskan untuk selalu memantau proses seleksi melalui pengumuman pada website bawaslu.go.id atau sscasn.bkn.go.id Kelalaian karena tidak mengetahui informasi yang disampaikan memalui website menjadi resiko pelamar.

Kami tidak memungut biaya sepeserpun selama proses seleksi. Maka kami himbau untuk waspada kepada segala bentuk penipuan.

Perhatian!! Jika nantinya ada pihak yang meminta biaya untuk hal-hal yang mendukung dalam proses seleksi, maka itu dapat dipastikan bukan dari kami. Dan itu menjadi tanggungjawab dan resiko pendaftar.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait