Pojok PanturaPojok Pantura

Berita, Daerah, Brebes,

Banjir Bandang di Ketanggungan Brebes Mulai Berangsur Surut

Banjir Bandang di Ketanggungan Brebes Mulai Berangsur Surut

PojokPantura.Com - Saat ini, Kamis 9 Januari 2020 Banjir yang telah melanda Kecamatan Ketanggungan, Brebes sudah mulai berangsur surut. Genangan air hanya tersisa di sejumlah titik.

Nuhsy Mansyur, Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) menyampaikan, “masyarakat yang terdampak banjir saat ini bersama tim gabungan sedang bergotong royong membersihkan rumah. Kondisi 6 desa yang terdampak banjir semuanya sama”.

Ia juga mengatakan, bahwa tadi pagi BPBD sudah mulai mendirikan dapur umum yang bertujuan untuk menyuplai logistik untuk para korban banjir.

“Dapur umum dan tempat pengungsian berada di Koramil ketanggungan. Saat ini pengungsi masih ada beberapa orang, yang lainnya sudah kembali kerumah masing-masing”, Ungkapnya.

Hingga saat ini penyebab banjir bandang selain karena limpasan sungai, diketahui juga karena ada 4 titik tanggul sungai babakan yang jebol.

“Di Cikeusal Lor ada satu titik tanggul yang jebol, sedangkan di Ketanggungan ada 3 titik tanggul yang jebol. Saat ini sementara sudah ditangani dengan karung yang diisi dengan pasir dan batu”, Terangnya.

Sementara itu, Letkon Inf Faisal Amri (Dandim 0713/Brebes) mengatakan bahwa banjir kemarin selain merendam pemukiman warga, banjir juga mengakibatkan jalanan tergenang dengan kedalaman berkisar 30 cm.

Faisal Amri mengatakan, “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, di rumah-rumah warga ketingiannya mencapai 70 cm”.

menurutnya, banjir yang terjadi kemarin merupakan peristiwa langganan. Penyebabnya yaitu karena tanggul sungai Babakan tidak kuat menahan debit air yang melimpah kiriman dari hulu.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait