Pojok Pantura

Obyek Wisata Linggoasri, Icon Kabupaten Pekalongan

Pojok Pantura | PojokPantura.Com - Bagi wisatawan dari Pekalongan dan sekitarnya, pasti taka sing lagi dengan obyek wisata Linggoasri. Penamaan Linggo Asri sendiri merujuk kepada nama desa tempat wisata itu berada. Linggoasri berlokasi di kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan provinsi Jawa Tengah.

Familiarnya wisatawan local terhadap wisata Linggoasri menjadi tanda bahwa obyek wisatanya sangat menghibur, menarik dan bisa menghilangkan penat kesibukan rutinitas wisatawannya. Bagi masyarakat perkotaan yang mau ke Linggoasri sangat direkomendasi. Mengingat disana banyak sekali fasilitas dan wahana yang ditawarkan.

Obyek wisata yang dikelola oleh Pemkab Pekalongan ini berjarak 7 km dari Kajen. Terletak di pinggir jalan raya Pekalongan-Banjarnegara. Jika mau simple, pengunjung bisa ketik di google maps “Obyek Wisata Linggoasri” pasti akan tepat mengarah kesana. Mengingat lokasi Linggoasri berada di kaki pegunungan dieng, maka nantinya pengunjung saat perjalanan akan merasakan suasana asri dan sejuk yang disebabkan banyak pohon-pohon karet dan pinus. Pengunjung akan merasakan rute yang berkelindan naik turun hampir sepanjang jalan menuju kesana. Bagi orang kota pasti akan menambah pengalaman, karena setiap harinya beraktifitas dengan kemacetan dan polusi kota.

Wisata Linggoasri sangat cocok dikunjungi semua kalangan. Mulai dari wisata keluarga maupun untuk romantis-romatisan bersama pasangan. Apalagi penduduk lokal daerah kajen juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Hal itu membuat betah para pengunjung yang dating ke Linggoasri.

Daftar Isi [ Buka ]

Jenis Wahana

Selain tempatnya yang indah di sana juga banyak wahana di Linggoasri yang menantang. Jika berkunjung, tak afdhol rasanya kalau tidak mencoba beberapa wahana yang ada disana. Diantaranya adalah:

  1. Rafting atau Arum Jeram. Jika kita datang ke wisata Kali Paingan dan beruntung menemui arus sungai yang cukup deras maka kita bisa mencoba menyewa peralatan yang safety untuk Arum jeram atau rafting di Sungai Paingan.
  2. Kebun binatang mini Linggoasri. Kawasan ini memang merupakan daerah perbukitan yang berada pada ketinggian 700 mdpl. Tempat wisata bertema alam ini menjadi jujugan traveler untuk menghabiskan waktu liburan. Tempat ini sudah lama dikenal sebagai destinasi untuk melihat keindahan panorama alam dengan beberapa koleksi satwa.
    Ada berbagai satwa burung di Kebun Binatang Mini Linggoasri, selain Burung Merak dan Ayam Mutiara, dengan kandang-kandang yang cukup besar. Kijang juga ada di sana. Di kawasan yang luasnya sekitar 5 hektar ada pula Kolam pemancingan.
  3. Kolam renang. Pemandangan pada sepotong area yang ada di dalam kawasan Kawasan Wisata Linggoasri Kajen Pekalongan, dengan gardu pandang terlihat di sisi kanan pada jalan yang berkelok menurun. terdapat juga area dimana terdapat kolam renang air dingin di sisi kiri jalan, lengkap dengan luncurannya untuk tempat hiburan air keluarga.
    Tidak jauh dari kolam itu ada area bermain anak pada lereng yang lebih tinggi dari area kolam renang. Cukup banyak permainan anak yang disediakan di sana, dengan pepohonan yang cukup rindang menaunginya.
  4. Taman bermain anak
  5. Kolam pemancingan
  6. Outband Center
  7. Area Camping
  8. Spot Foto

Fasilitas

Wisata Linggo Asri di Kajen Pekalongan Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata taman yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Penginapan
  • Resto, Kafe dan masih banyak lagi

Jangan khawatir, kunjungan wisata ke Linggoasri tidak memerlukan biaya mahal. Karena tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 6.000 untuk dewasa, dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Jika masuk musim liburan, harga tiket akan naik 2 kali lipat.

Dengan komplitnya wahana dan fasilitas yang ditawarkan, tak heran wisata Linggoasri digadang-gadang akan menjadi icon kabupaten Pekalongan dalam bidang wisata. Seperti halnya durian Lolong. Apalagi obyek wisata ini dikelola langsung oleh Pemkab Pekalongan dan mendapat dukungan dari masyarakat sekitar. Dapat dipastikan kedepan, akan ada perkembangan dan inovasi-inovasi baru yang akan muncul.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait