Pojok PanturaPojok Pantura

Berita, Daerah, Pemalang,

IKMAL Sekarang Hadir Di Daerah Asalnya, Pemalang

IKMAL Sekarang Hadir Di Daerah Asalnya, Pemalang

PojokPantura.Com - IKMAL adalah singkatan dari Ikatan Masyarakat Pemalang. Dalam website resminya, ikmal.org diterangkan bahwa IKMAL sudah berdiri sekitar tahun 1980-an. Tokoh-tokoh yang memprakarsai di antaranya adalah Ilham Mulkarim, Djoko Broto Suryono, dengan Pembina Supardjo Rustam, Mayjend. Nurhadi Purwosaputro MSc. dan dibantu oleh Murdiman SH, Hj. Solha dan H. Rayan Nur.

IKMAL sendiri mulanya adalah organisasi perantau-perantau asal Pemalang di Jakarta. Mereka berkeinginan untuk meningkatkan silaturahim antar sesama warga Pemalang, membantu warga Pemalang dalam hal sosial kemasyarakatan dan menjadi jembatan antara warga Pemalang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang.

Hingga kini sudah banyak sekali kegiatan dan kontribusi IKMAL untuk warga Pemalang. Di antaranya adalah Peduli IKMAL terhadap bencana, mensosialisasikan potensi dan wisata di kabupaten Pemalang. Menjebatani kebutuhan warga Pemalang dengan Pemda lewat audiensi-audiensi.

DPP IKMAL Lantik DPD IKMAL Pemalang

Kemarin Minggu (14/3) Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKMAL adalah H. Ludiyanto memimpin acara pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IKMAL Pemalang. Acara tersebut diselenggarakan di di salah satu rumah makan di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 2, Taman, Pemalang.

Dalam keterangannya H. Ludiyanto mengatakan bahwa IKMAL tidak berjalan di ranah politik praktis. Melainkan sosial kemasyarakat. Tujuannya jelas, membantu masyarakat. Karena ini amanah dari para pendiri.

“Setelah saya jalankan dari Jakarta dan sudah kami lakukan dengan kegiatannya, motto-nya, sekaligus amanahnya oleh para pendiri IKMAL ini. Perlu kami tegaskan di sini, IKMAL bukan salah satu paguyuban, atau organisasi politik (praktis),” katanya.

Setelah pelantikan Ia juga meminta kepada ketua DPD IKMAL Pemalang yang dilantik yakni Drs. Winaryoto dan jajaran kepengurusannya untuk sesegera mungkin membentuk kepengurusan di tingkat kecamatan (DPC) dan desa/kelurahan (PAC).

“Dengan adanya PAC, maka sangat membantu teman-teman yang ada di DPC. Karena DPC di satu Kecamatan, kurang lebih ada 17 atau 15 Desa/Kelurahan,” harap H Ludiyanto.

Ketua DPD, Winaryoto berjanji untuk bersinergi dengan Pemda kab. Pemalang dalam hal membantu semaksimal mungkin kebutuhan social kemasyarakatan warga Pemalang.

Baca Juga: Sempat Macet Parah Akibat Jembatan Amblas di Jalur Pantura, Kini Kendaraan Roda Empat Atau Lebih Dialihkan Ke Tol

“Jika ada kejadian-kejadian yang belum diketahui pemerintah,yang perlu dibantu, kami akan menjembatani warga masyarakat dengan Pemerintah Daerah, kami juga akan membantu semaksimal mungkin,semampu kami.” jelasnya Winaryoto.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait