Pojok Pantura

Pemalang,

Kepala Bappeda Pemalang: Pemkab Mendukung Penuh Kegiatan Keagamaan Seperti yang Dilakukan Gusdurian Pemalang

PojokPantura.Com - Gusdurian Pemalang gelar festival ramadhan. Kegiatan ini berhasil mereka selenggarakan setiap tahun. Walaupun masih dalam pandemic covid-19, namun tak menyurutkan semangat anak-anak ideologis Gusdur ini menebar manfaat di tengah masyarakat.

Pada tahun 2021 ini, pembukaan Festival Ramdhan digelar Jum’at (16/4) di Pondok Pesantren Babussalam Karangmulya Sikasur. Dalam acara tersebut, hadir Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pemalang, Dr. Drs. Supa’at, M.Pd. dan Kepala Desa Sikasur, Kusin S.Pd.

Dalam sambutannya, Supa’at mengapresiasi betul acara-acara keagamaan seperti ini. Karena hal ini juga sejalan dengan visi misi bupati dan wakil bupati Pemalang.

“Pemkab mendukung penuh kegiatan keagamaan seperti yg dilakukan Gusdurian Pemalang. Hal itu kata Supa'at sejalan dengan visi-misi Bupati-Wakil Bupati Pemalang yang mana tagline Pemalang AMAN (salah satu A-nya adalah Agamis)” kata Supa’at yang dulu pernah menjabat ketua LP Ma’arif NU Pemalang.

Ia juga mengungkapkan bahwa dalam mendukung penuh kinerja bupati dan wakil Pemalang, maka pihaknya sudah menyusun peta konsep dalam RPJM.

“Bappeda sudah membuat Bappeda telah menyiapkan roadmap atau peta konsep guna mendukung kinerja Bupati-Wakil Bupati mewujudkan janji AMAN dalam RPJM Bappeda” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula, ia bercerita tentang peranan Gusdurian Pemalang dalam menginisiasi berdirinya sekolah-sekolah berbasis pesantren di Pemalang.

“Embrio adanya gagasan pendirian sekolah umum 'Nahdliyyin' termasuk SMK NU 01 Belik & MA Ma'arif NU Clekatakan (kini sudah abubar) diakui merupakan inisiasi dari generasi muda NU, terutama anak-anak muda yang tergabung di dalam Gusdurian Pemalang” tambahnya.

Supa’at juga berharap agar kedepan Gusdurian Pemalang tampil menjadi prionir gerakan kemajuan di Pemalang dengan membantu merealisasikan program-program pemerintah.

“Belajar dari Gus Dur, Bappeda mengharapkan Gusdurian Pemalang menjadi salahsatu pioner gerakan kemasyarakatan yg membantu merealisasikan program-program pemerintah. Apa yang dilakukan Gusdurian sudah sejalan dan patut dicontoh serta akan selalu didukung pemerintah daerah” pungkasnya.

Baca Juga: LTM PBNU dan PP. Nihadlul Qulub Gembleng Generasi Milenial untuk Jadi Marketer dan Pendakwah Handal

Diketahui, acara Pembukaan Festival Ramadhan kemarin juga diisi dengan santunan buat anak yatim piatu tahap I. Semua agenda Festival Ramadhan Gusdurian Pemalang tahun 2021 ini berlokasi di PP. Babussalam Nurul Iman Karangmulya Sikasur. Rundown acaranya yakni sebagai berikut:

  1. Istighosah Kubro dan Buka Bersama tanggal 23 & 30 April 2021
  2. Pesantren Kilat & Festival Anak Sholeh (lomba-lomba) tanggal 30 April-2 Mei 2021
  3. Pelatihan Kewirausahaan/Entrepreunership dan Buka Bersama tanggal 1 Mei 2021
  4. Buka Bersama +Santunan Yatim Piatu Tahap II tanggal 2 Mei 2021
  5. Maulid Nabi SAW, Buka Bersama dan Santunan Yatim Piatu Tahap III tanggal 7 Mei 2021
  6. Penutupan Festival Ramadhan, Buka Bersama dan Santunan Yatim Piatu Tahap IV tanggal 9 Mei 2021

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait