Pojok Pantura

Pemalang,

Bupati Pemalang Promosikan Produk-Produk Industri Lokal Ke Media Nasional

PojokPantura.Com - Tiap daerah memiliki potensi dan sumber dayanya masing-masing. Kepemilikan ciri khas masing-masing acapkali menciptakan produk-produk industry local, yang punya nilai jual. Dengan demikian, maka perlu adanya campur tangan dukungan dari pemerintah daerah untuk mengembangkannya.

Satu di antara banyak daerah di Indonesia yang memiliki banyak produk industri lokalnya adalah kabupaten Pemalang. Oleh karenanya Bupati Pemalang yang belum genap 4 bulan menjabat, Mukti Agung Wibowo langsung tancap gas untuk membantu produk-produk industry lokal yang dikelola oleh UMKM.

Salah satu usaha Bupati Pemalang tersebut yakni mempromosikannya. Ia baru-baru ini diketahui berusaha mempromosikan produk-produk industry local melalui media nasional. Momen ini terlihat saat pengambilan gambar yang diselenggarakan pada Rabu malam (28/4) di Pendopo kabupaten Pemalang.

Nampak saat penampakan di kamera, produk-produk industri yang dipromosikan di antaranya seperti nanas madu, batik Pemalang dan hasil inovasi sarung goyor yang dibatik (gotik). Ada pula beberapa jajanan khas Pemalang, seperti tahu dan kacang kletik randudongkal, semprong comal, apem wanarata dan manisan pepaya asal moga yang menghiasi meja dialog.

Kepala Bidang Industri Diskoperindag Kabupaten Pemalang, Mung Supriatin menjelaskan bahwa acara promosi tersebut dibingkai dengan dialog talk show di televisi nasional. Tujuannya jelas untuk mengenalkan produk-produk industry yang menjadi ciri khas Pemalang dan mendorong pengembangan UMKM ke depan.

“Produk industri adalah bagian dari UMKM, sehingga sangat mendukung UMKM yang didalamnya terdapat produk – produk industri Pemalang”, jelasnya.

Mung juga menjelaskan bahwa hal ini sebagai bentuk ikhtiar bupati Pemalang untuk menjadikan kabupaten Pemalang menjadi Kota Industri (Koin) sesuai janji kampanyenya dulu. Ia lalu berharap, setelah agenda serangkaian promosi yang dilakukan oleh pemkab Pemalang, masyarakat Indonesia tahu adanya produk-produk industry local yang tak kalah bagus dengan daerah lain.

Baca Juga: IKMAL Sekarang Hadir Di Daerah Asalnya, Pemalang

“Dengan diperkenalkan produk industri tersebut diharapkan kedepan akan lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui potensi yang kita miliki. Terlebih lagi produk sarung goyor yang sudah merambah ke dunia ekspor”, kata Mung.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait