Pojok PanturaPojok Pantura

Pemkot Pekalongan Berencana Tambah Wahana dan Percantik Taman Wisata Pasir Kencana

Mas Popa
 Pemkot Pekalongan Berencana Tambah Wahana dan Percantik Taman Wisata Pasir Kencana |  | Pojok Pantura
PojokPantura.Com, Pekalongan -

Kabar baik buat warga Kota Pekalongan dan sekitarnya. Taman Wisata Pasir Kencana akan dikembangan dan dipercantik. Hal ini salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekalongan menjadikan tempat wisata tersebut menjadi ikon wisata kota Pekalongan dan tentunya agar masyarakat luas tertarik untuk berkunjung.

Namun ini akan terwujud setelah dokumen serah terima Taman Wisata Pasir Kencana sudah siap dan diserahkan dari pemerintah pusat ke Pemkot. Pekalongan. Mengingat tempat wisata tersebut dibuat oleh pemerintah pusat untuk pekalongan.

Sutarno selaku Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Olahraga Kota Pekalongan mengungkapkan, sembari menunggu serah terima tersebut dilaksanakan, maka pihak pengelola dalam hal ini Pemkot Pekalongan sudah berencana menggandeng pihak swasta untuk mengembangkannya.

"Oleh karenanya, sembari mempersiapkan naskah dokumen serah terima yang akan ditandatangani oleh Kementerian PUPR maka kami melakukan berbagai persiapan, seperti melengkapi wahana dan kolaborasi dengan pihak lain untuk operasionalnya," ujarnya.

Beberapa wahana yang rencananya akan dibangun untuk menambah daya di lokasi Taman Wisata itu seperti wahana permainan anak-anak, perosotan kolam renang, dan perahu.

Ia juga menjelaskan bahwa di dalam Taman Wisata Pasir Kencana saat ini sudah ada kolam renang, spot selfie, jogging track, menara, panggung hiburan, panggung budaya, kios, tempat bermain pasir, musala, dan ruang ganti pakaian.

Oleh karenanya, Sutarno juga menghimbau kepada pengunjung untuk sama-sama menjaga dan mempromosikan semua yang ada di Taman Wisata Pasir Kencana.

"Kami mengimbau pada pengunjung agar ikut menjaga keindahan tempat wisata, serta mempromosikan pada masyarakat luar daerah bisa datang ke Taman Wisata Pasir Kencana," imbau Sutarno.

Sutarno menambahkan, nantinya Taman Wisata Pasir Kencana akan memberikan suasana seperti halnya tempat wisata di pantai luar negeri dengan adanya air mancur dan menara yang bisa dinaiki pengunjung agar melihat keindahan laut lepas.

"Selain itu, wisatawan dapat melihat air mancur pada malam hari yang akan terlihat berwarna-warni seperti halnya di Singapura. Jadi tidak usah jauh-jauh kesana (singapura, red.), cukup ke Taman Wisata Pasir Kencana saja," tambahnya.

Baca Juga: Solutif dan Inovatif, Kecamatan Pekalongan Barat Luncurkan Si_aAP

Diketahui, lokasi Taman Wisata Pasir Kencana memang cukup strategis dan dekat dari pusat kota Pekalongan. Jika dari stasiun kota Pekalongan ke tempat wisata tersebut hanya berjarak 4 KM dan apabila dari alun-alun kota berjarak 5 KM. Luas lahan keseluruhan mencapai 1.5 H. Adapun tarif tiket masuk yang dipatok sebesar Rp25 ribu per orang.