Pojok PanturaPojok Pantura

Para Gubernur Bawa Tanah dan Air Sambut Presiden yang akan Berkemah di IKN Nusantara

Mas Popa
 Para Gubernur Bawa Tanah dan Air Sambut Presiden yang akan Berkemah di IKN Nusantara |  | Pojok Pantura
PojokPantura.Com, Nasional -

Para Gubernur dari seluruh Indonesia sudah hadir mulai kemarin (13/3) di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sesuai perintah Presiden Jokowi, para Gubernur datang membawa tanah dan air dari wilayahnya masing-masing.

Sebab, di titik nol IKN akan dilangsungkan ritual Kendi Nusantara, yang mana kendi tersebut menyimpan seluruh air satu liter dan tanah dua kilogram yang dibawa oleh para gubernur dari wilayah masing-masing. Selain itu, Presiden Jokowi rencananya akan memberikan syukuran dan arahan kepada semua Gubernur terkait pembangunan IKN Nusantara.

Presiden Jokowi juga seperti sudah diketahui, akan berkemah di titik nol dari tanggal 14-15 Maret. Akan tetapi dari informasi yang beredar, cuma 5 Gubernur yang ikut serta berkemah. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor.

“Rencananya gubernur yang menginap saat kemah bersama presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan, yakni Gubernur Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara," ungkap Isran.

Isran pun menambahkan, persiapan-persiapan agenda penting ini sudah kerjakan dengan maksimal agar hasil agendanya berjalan sukses. Persiapan tersebut termasuk jaringan listrik, telekomunikasi, persediaan air bersih, sampai tenda dan perlengkapan inap Jokowi. Dalam hal ini Isran juga berterimakasih atas kerjasama yang baik dengan berbagai pihak Sekretariat Negara, Pangdam VI Mulawarman, Polda Kaltim, dan pihak-pihak terkait.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim HM Syafranuddin mengungkapkan, khusus untuk Kaltim, air dan tanah diambil dari lokasi dua kesultanan yakni Kesultanan Kutai Lama di Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara dan kesultanan Paser di Kabupaten Paser.

Baca Juga: Ini Fasilitas yang Didapat ASN Jika Nanti Pindah ke IKN Nusantara

"Kebetulan wilayah IKN Nusantara ini kan sebagian wilayah Kesultanan Kutai dan Kesultanan Paser. Jadi itu simbol mewakili kesultanan yang ada di Kalimantan Timur," ungkapnya.