Pojok PanturaPojok Pantura

Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Kartu Kata

Mas Popa
 Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Kartu Kata |  | Pojok Pantura
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU KATAPADA TK TA BAHARI 02 GEMPOLSEWU

Disusun oleh : USWATUN KHASANAH, S.Pd


BAB I 

PENDAHULUAN

 

A.     Latar Belakang Penelitian

TK TA Bahari 02 Gempolsewu adalah salah satu TK yang ada di Desa Gempolsewu kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Taman Kanak-kanak merupakan salah satu pendidikan formal. Tujuan dari didirikannya TK TA Bahari 02 Gempolsewu berdasarkan keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0486/U/92 Tentang Taman Kanak-Kanak adalah untuk membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap pengetahuan, ketrampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak, pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. Sedangkan Fungsi dari TK itu sendiri adalah untuk mempersiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan, sikap, perilaku, dengan cara yang menyenangkan. TK sebagai tempat bermain yang indah, nyaman, dan gembira bagi anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Masa anak usia dini adalah masa periode paling cepat dalam perkembangan bahasa. Banyak anak mengembangkan kemampuan berbicara dan mendengar tanpa arahan langsung dari orang dewasa. Anak belajar berbicara dari percakapan yang terjadi di lingkungan sekitar. Sejak lahir anak belajar mengeluarkan tangisan dan suara untuk menyatakan kebutuhannya dan merespon dari lingkungannya. Pada usia 2 tahun kebanyakan anak-anak telah menguasai vocabulary sampai 50 kata. Usia 3 tahun kebanyakan anak-anak telah menginterpretasi kalimat (Browne, 2009). Pada usia 5 tahun anak telah menguasai hampir 800 kata dan siswa preschool usia 6 tahun diperkirakan telah belajar 6 sampai 10 kata setiap harinya, (Jalongo, 2007).

Salah satu tugas yang harus ditempuh pendidik adalah Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam rangka memenuhi tugas Penelitian Tindakan Kelas, Pendidik telah melakukan pengamatan pada TK TA Bahari 02 Gempolsewu yang bertujuan mengumpulkan data mengenai kegiatan dalam pengembangan kemampuan bahasa anak khususnya pada anak usia 5-6 tahun yang ditekankan pada pengenalan kata.

 

Pada saat pengamatan, tema yang sedang dipelajari adalah tema tanaman dan sub temanya adalah tanaman buah. Di kegiatan ini guru menekankan anak pada pengenalan kata dan gambar. Selanjutnya penulis ingin mengamati aspek perkembangan bahasa anak melalui bermain kartu kata dengan mencocokan dengan gambar sebenarnya.

 

B.      Fokus Penelitian

Setelah diadakan observasi dan pengamatan disalah satu ruang kelas TK TA Bahari 02 Gempolsewu, maka penelitian ini terfokus pada kegiatan “Bermain Kartu Kata di Cocokkan dengan Gambarnya “.

 

C.     Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan :

1.      Mengumpulkan data mengenai :

a.       Alasan pendidik melakukan kegiatan : bermain kartu kata dicocokkan dengan gambarnya”.

b.      Tujuan pendidik melakukan kegiatan tersebut.

c.       Kebijakan yang mendukung pendidik melakukan kegiatan tersebut.

2.      Membuat analisis kritis mengenai kegiatan tersebut.

 

 

D.     Manfaat Penelitian

Penelitian ini bermanfaat untuk :

1.      Memberi masukan terhadap kegiatan pengembangan anak di TK TA Bahari 02 Gempolsewu

2.      Melatih Guru melakukan penelitian kelas.

3.      Mengembangkan kemampuan Guru dalam menganalisis suatu kegiatan anak di lembaga PAUD.

4.      Memberikan masukan kepada Guru dalam merencanakan pembelajaran yang ada dilembaga tempat Guru mengajar.

BAB IV

ANALISIS DATA

 

 

A.     Tabulasi Data

Untuk memudahkan analisis data, maka data hasil penelitian dibuat Tabulasi Data sebagai berikut ;

Observasi

Dokumentasi

Kegiatan sebelum masuk  kelas, yaitu berbaris di depan kelas terlebih dahulu. Sebelum kegiatan dimulai guru mengawali dengan berdoa, dilanjutkan dengan menyanyi sambil bertepuk tangan, setelah itu tanya jawab tentan tema pada hari ini.

Dalam rencana kegiatan tertulis bahwa anak-anak rutin berdoa sebelum kegiatan  dimulai.

Dalam Dokumen pendirian lembanga tercantum bahwa salah satu tujuan pendirian TK TA Bahari adalah mengembangkan kecerdasan   mamajemuk anak. Salah satunya

adalah kecerdasan bahasa.

Pendidik menggunakan media kartu kata dan media gambar sebagai media pembelajaran atau alat

permainan edukati.

Dalam rencana kegiatan tertulis bahwa salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah media kartu

kata dan media gambar.

Pendidik memandu pembelajaran yang akan dilaksanakan pada hari ini, guru menjelaskan tentang permainan pembelajaran, yaitu   anak   diajak   untuk menirukan kata yang sudah

Dalam rencana kegiatan tertulis bahwa pendidik  menggunakan metode  demonstrasi, tanya jawab dan bercakap-cakap.

 

tersedia. Media gambar berupa gambar buah-buahan juga ditampilkan melalui media leptop. Setelah itu kartu kata diucapkan lalu anak anak memasangkan gambar buah yang telah tersedia dicocokkan dengan kartu kata yang ada.

 

Dinding kelas banyak ditempeli gambar-gambar yang menunjang untuk pembelajaran anak.

 

Setelah kegiatan selesai guru mengulas kegiatan yang telah dilaksanakan pada hari ini dan anak diajak untuk bernyanyi dan mengucapkan doa setelah melakukan kegiatan.

Dalam rencana kegiatan tertulis, pembiasaan rutin berupa berdoa setelah selesai adalah salah satu pembelajaran karakter anak.


B.      Analisis Kritis

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan anak bermain kartu kata dan mencocokkan dengan gambar merupakan suatu kegiatan yang bermaksud mengembangkan aspek kemampuan perkembangan bahasa. Pengembangan kemampuan bahasa anak di TK TA Bahari 02 Gempolsewu  merupakan salah satu prioritas program yang dicantumkan dalam dokumen pendirian lembaga. Pelaksanaan pengembangan kemampuan bahasa anak di TK TA Bahari 02 Gempolsewu hanya menanamkan kemampuan bahasanya tidak seperti di sekolah dasar yang menekankan pada menulis dan membaca secara umum, yaitu dengan menambah kosakata anak melalui kegiatan mendengar dan melihat, bercakap-cakap serta mencocokkan kata dengan gambar yang telah tersedia.


Pada penataan kelas di TK TA B, dinding kelas banyak terdapat gambar-gambar yang bermanfaat untuk anak TK, media yang digunakan oleh pendidik juga bervariasi, penataan kelas yang tepat membuat anak akan merasa aman dan nyaman, sehingga anak akan dapat mengembangkan semua aspek perkembangan dengan optimal.

Kegiatan pembelajaran dimulai dengan berdoa bersama. Untuk membangkitkan semangat, anak-anak diajak untuk bernyanyi “selamat pagi”,“ bernyanyi dunia anak”, sambil bertepuk tangan. Setelah itu berbincang- bincang dan tanya jawab tentang kegiatan anak dipagi ini, seta menyampaikan tentang tema pada hari ini yaitu tema tanaman dan sub temanya buah-buahan. Kegiatan untuk pengembangan bahasa dimulai dengan mengenalkan huruf kepada anak, memperlihatkan gambar buah-buahan melalui kartu gambar buah. Untuk menunjang pembelajaran pendidik menggunakan leptop untuk media belajat TK, disini pendidik memperlihatkan kata-kata dengan gambarnya. Pendidik juga mencocokkan kartu kata dengan gambar yang ada pada media leptop. Setelah itu anak-anak maju kedepan menempelkan kartu gambar dicocokkkan dengan kartu huruf yang telah tersedia dipapan flannel. Setelah kegiatan selesai , pendidik mengulas kegiatan yang sudah dilakukan pada hari ini, yaitu belajar mencocokkan gambar buah-buhan dengan kata

yang tepat. Sebelum selesai pendidik memperikan tepuk anak sholeh. Kegiatan pembelajaran ditutup dengan membaca do’a bersama-sama.

Salah satu pengembangan kemampuan berbahasa anak adalah dengan kegiatan bermain kartu kata dan mencocokkan dengan gambarnya. Hal ini bertujuan agar anak dapat menguasai bahasa dengan lebih baik lagi. Melalui stimulus-stimulus yang tepat maka perkembangan bahasa anak akan lebih optimal.

Apa yang dilakukan di TK TA Bahari 02 Gempolsewu yaitu menanamkan dasar- dasar kemampuan bahasa anak melalui kegiatan menyimak dan berbicara, sesuai denagn pendapat Bromley (1992) yang menyatakan bahwa terdapat empat macam bahasa yaitu menyimak (mendengar), berbicara, membaca, dan menulis. Keempat bentuk bahasa tersebut diharapkan dapat dikuasai oleh anak sesuai dengan jenjang usia anak, karakteristik anak dan sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan anak.

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

 

A.     Kesimpulan

Dari tabulasi dan analisis kritis data dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu sebagai berikut :

1.      TK TA Bahari 02 Gempolsewu mempunyai tujuan untuk mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak, agar supaya anak dapat mengerti dan memahami tentang apa yang dipelajarinya. Tujuan dari pembelajaran juga untuk mempersiapkan anak untuk belajar ke jenjang selanjutnya.

2.      Kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh TK TA Bahari 02 Gempolsewu sesuai dengan tema yang sudah dibuat dalam perencanaan pembelajaran.

3.      Lingkungan kelas di TK TA Bahari 02 Gempolsewu juga disiapkan sedemikian rupa sehingga dapat mendukung pencapaian kemampuan bahasa anak.

 

B.      Saran-saran

1.      Dalam mengembangkan kemampuan bahasa, sebaiknya TK TA Bahari 02 Gempolsewu tidak hanya menfokuskan pada kata-kata atau huruf semata. Tetapi juga banyak melipatkan anak untuk bermain yang lebih kreatif lagi, sehingga anak anak aktif untuk membangun pengetahuannya sendiri, tidak hanya cukup duduk dan mendengarkan saja.

2.      Dalam bermain kartu kata sebaiknya hurup awal saja yang dijadikan inti, tidak harus anak menyebutkan kata serta mengejanya.

3.        Pengembangan kemampuan bahasa anak di TK TA Bahari 02 Gempolsewu harus benar-benar disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak dan dilakukan secara terpadu dengan kegiatan-kegiatan pengembangan lainnya.