Pojok Pantura

Brebes,

Biar Potensi Desa Dikenal Luas, Pemkab Brebes Galakkan Semua Pemdes Untuk Mendigitalisasi Profil Desanya

PojokPantura.Com - Di era yang semakin dinamis dan modern ini, pemerintahan desa dituntut untuk berbenah supaya tak ketinggalan zaman. Salah satu upayanya yakni mendigitalisasi profil desanya. Hal ini dilakukan agar potensi desa bisa dikenal dan dieksplor dengan baik.

Program digitalisasi profil desa sekarang mulai digalakkan oleh Pemerintah kabupaten (Pemkab) Brebes di semua Pemerintah Desa (Pemdes) yang ada disana. Usaha pertama kali untuk merealisasikan program tersebut adalah dengan menyusun profil desa. Mulai dari SDM, SDA, karakter, budaya dan ciri khas suatu desa yang nantinya akan dipublikasikan melalui website pemdes.

Djoko Gunawan selaku Sekda Brebes menjelaskan sebenarnya program ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007. Ia juga berharap agar Pemdes bisa segera mungkin merealisasikannya mengingat dunia digital bisa bermanfaat untuk menggerakkan ekonomi desa dengan cara mengenalkan potensi yang ada di desa tersebut.

“Silakan dikomunikasikan dan permasalahan yang terjadi dapat dicarikan jalan keluar secara komperhensif dan sistimatis”, kata Djoko Gunawan, Rabu, 28 November 2020.

Ia lantas menghimbau kepada semua perangkat desa yakni pertama dengan menyiapkan data yang valid dan akuntabel tentang desanya. Ini menjadi penting agar tidak terjadi kekeliruan informasi dan mis-komunikasi.

“Ini demi terlaksananya pemerintah desa yang mandiri dan bisa diakses informasinya oleh masyarakat luas”, jelasnya.

Di tempat lain, Anggota Komisi I DPRD Brebes, Moch Nizwar Alifsyahrin, mengatakan pihaknya juga akan mensupport program ini, karena ini juga termasuk ikhtiar untuk memajukan desa.

Baca Juga: Dicari Pemain Esport Berbakat Dari Brebes

“Prinsip pembangunan desa harus menjadikan warga desa sebagai subyek pembangunan. Untuk itu, diperlukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) desa melalui kegiatan pelatihan, pendampingan dan literasi digital untuk membentuk SDM bertalenta”, ucapnya.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait