Pojok Pantura

Kebun Teh Pemalang: Destinasi Wisata Kampoeng Teh Semugih Yang Wajib Dikunjungi

PojokPantura.Com, Kebun Teh Pemalang Kampoeng Semugih - Berwisata merupakan usaha untuk menyegarkan fikiran dan menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas yang padat. Salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi adalah wisata alam. Baik itu di wilayah pegunungan atau laut. Karena memang di alamlah kita seringkali merasakan kenyamanan dan memperoleh pengalaman baru yang menyenangkan.

Ngomong-ngomong tentang wisata alam, di kabupaten Pemalang ada sebuah wisata alam yang menyuguhkan keindahan alam, suasana yang sejuk, edukasi dan pengalaman baru. Wisata itu adalah kebun teh Semugih. Kebun teh pemalang ini beralamatkan di desa Banyumudal kecamatan Moga kabupaten Pemalang.

Terletak di kaki gunung Slamet yang melegenda itu membuat daerah Moga Pemalang dan sekitarnya terkenal dengan berbagai wisata alam yang sampai saat ini masih sering dikunjungi wisatawan local maupun dari daerah lain. Di antara wisata yang ada adalah curug Sibedil, pemandian mata air Moga, air terjun Maratangga, Kalisuci dan Bukit Tangkeban.

Meski ada beberapa kebun teh Pemalang, seperti di Pulosari, Ulujami dan Belik. Tetapi Semugih menjadi kebun teh Pemalang satu-satunya yang memiliki fasilitas dibilang lengkap dan representatif buat kalian yang mendambakan kenyamanan di daerah sejuk.

Lokasi

Semugih adalah nama wisata kebun teh Pemalang yang berada jalan raya Moga-Pulosari KM. 02 Banyumudal Moga Pemalang Jawa Tengah. Dari kota Pemalang ke Semugih kira-kira menempuh jarak 43 KM. Jika kalian dari Pemalang mau menaiki kendaraan umum untuk sampai ke lokasi, kalian cukup menggunakan 2-3 kendaraan umum secara bergantian.

Persisnya, kalian bisa naik bus dari Pemalang langsung menuju terminal Moga. Kalau tidak ada yang langsung ke Moga, kalian bisa naik bus jurusan Randudongkal kemudian turun di pertigaan Randudongkal lanjut naik angkudes (angkutan desa) yang berwarna kuning itu menuju terminal Moga.

Setelah sampai di terminal/pasar Moga, kalian bisa gunakan ojek atau mobil pick up untuk menuju ke lokasi kebun teh Semugih. Jika menggunakan transportasi umum, ongkosnya kurang lebih Rp 20.000-25.000. Namun jika berniat menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa pakai aplikasi google maps di smartphone dengan ketik ‘Kampoeng Teh Semugih’ atau ‘Kebun Teh Semugih’.

Fasilitas, Spot Edukasi Dan Selfie

Wisata kebun teh Pemalang yang diberi nama Semugih ini sangat tepat dikunjungi oleh keluarga besar, kerabat ataupun teman-teman kantor, karena fasilitasnya sangat menunjang sekali untuk bermain dan bersenang-senang ria bersama orang dengan jumlah banyak. Lebih-lebih disana ada beberapa kamar penginapan yang memang dimaksudkan untuk para wisatawan yang menginginkan bermalam di suasana pegunungan yang asri.

Kebun teh Pemalang (Semugih) ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX ini mempunyai luas 400 hektar lahan secara keseluruhan. Terdiri dari 280 hektar yang diperuntukan untuk kebun teh dan sarana wisata. Lahan selebihnya masih dalam tahap regenerasi. Selain sebagai andalan untuk tempat berkemah anak-anak pramuka dan berbagai komunitas lainnya, Semugih juga berbenah diri sejak 2 tahun lalu dengan menghadirkan spot-spot foto dengan background kebun teh yang menghampar luas untuk kalian yang eksis di social media.

Fasilitas, spot edukasi dan selfie di kebun teh Pemalang Semugih ini tak kalah bagusnya dengan objek wisata sejenisnya di daerah-daerah seperti Pekalongan dan Wonosobo. Beberapa fasilitas penunjang dan spot yang akan menambah pengalaman, pengetahuan dan keceriaan itu di antaranya adalah:

  1. Penginapan dengan jumlah sekitar 17 kamar
  2. Lapangan tenis
  3. lapangan voli
  4. Pabrik pengolahan teh
  5. Wahan Outbound
  6. Flying fox
  7. Jembatan gantung
  8. Area parkir sangat luas
  9. Mushala
  10. Kamar mandi
  11. Aula sebagai tempat pertemuan
  12. Spot-spot foto yang instagramable
  13. Permainan anak
  14. Kafe
  15. Beberapa gazebo

Daya Tarik

Sebagaimana agrowisata kebun teh di Indonesia, kebun teh Pemalang yang dahulu milik pemerintah kolonial Belanda ini menyuguhkan kesejukan dan keasrian suasana pegunungan. Disarankan agar kalian yang hendak kesini, diusahakan saat libur panjang, akhir pekan atau cuti bersama. Karena sayang dilewatkan suasana pegunungan di malam hari yang menentramkan dan pagi harinya mulai pukul 06.00 WIB bisa melihat para pekerja yang memetik teh. Setelah itu kalian juga bisa tahu cara pengolahan teh di pabrik saat jam-jam kerja.

Kebanyakan teh yang diolah disini adalah jenis teh hitam. Ada juga jenis teh hijau, namun masih sedikit, karena teh hijau ini baru dikembangkan di kebun teh Pemalang. Mayoritas hasil kebun teh Pemalang ini dijual ke daerah-daerah di Jawa Tengah, terutama di Slawi Tegal. Selebihnya untuk dikonsumsi oleh para wisatawan yang datang dan mampir di kafe ‘Oemah The Semugih’ yang terletak di depan pos masuk wisata.

Kalau kalian kesini ramai-ramai sama keluarga, kerabat dan teman-teman kantor usahakan mampir ke tempat-tempat wisata sekitar yang sudah disebutkan di atas agar mendapatkan pengalaman lebih menarik lainnya. Atau kalian bisa bergeser agak jauh sekita 21 KM ke Guci untuk menikmati pemandian air panasnya yang masyhur itu.

Perlu diketahui untuk kalian yang akan pertama kali datang kesana, biaya masuk kampoeng teh Semugih atau kebun teh Pemalang itu murah sekali, yakni sebesar Rp. 5.000. Untuk biaya lainnya bisa menyesuaikan penggunaan fasilitasnya. Untuk satu kamar penginapan juga lumayan murah yakni dipatok antara Rp. 200ribu-350ribu tergantung fasilitas didalamnya, seperti adanya TV, AC dan air panas.

Tips Dan Saran

Tidak disarankan berwisata di kebun teh Pemalang atau Semugih dengan pasangan yang bukan mahram. Karena itu akan menimbulkan fitnah dan masalah tentunya. Dan tidak pula disarankan kesana sendirian, karena tentunya akan membuat kalian kesepian dan pengalaman baru yang didapat pun akan minim.

Jika berkunjung ke daerah wisata yang mengusung keindahan alam, hendaklah beramai-ramai. Karena ini akan menambah suasana menjadi ramai penuh gelak tawa. Tentunya disitu juga kalian akan menambah solid dan harmonis antar sesama dengan berbagai kegiatan outbond yang menyenangkan. Suasana asri dan sejuk disitu juga mendorong pertukaran gagasan, pengalaman dan pengetahuan antar teman, keluarga atau kerabat menjadi lebih mendukung.

Kalian juga disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau bisa mencarter kendaraan untuk sampai ke lokasi. Di samping lebih nyaman, hal ini dilakukan agar kalian juga bisa berwisata di objek-objek wisata terdekat selain kebun teh Semugih untuk melengkapi agenda refresing kalian. Seperti mandi air dingin di mata air Kalisuci Moga atau di Curug Sibedil, melihat panorama pegunungan di bukit Tangkeban dengan spot-spot instagramable yang viral di kabupaten Pemalang atau dapat menikmati mandi di mata air panas di Guci kabupaten Tegal.

Wisata Pemalang Lainnya: Watu Sangan, Objek Wisata Baru Di Kabupaten Pemalang

Jika tertarik berkunjung ke objek wisata kebun teh Pemalang ini mulailah mengajak teman-teman kantor, keluarga besar atau kerabat yang sama-sama ingin refresing menghilangkan stress karena rutinitas pekerjaan sehari-hari. Tentukan jadwal di akhir pekan agar berwisatanya tidak tergesa-gesa. Terakhir, bawalah perlengkapan seperti jaket, pakaian ganti jajan secukupnya (karena disana juga ada warung dan kafe), uang secukupnya dan tentunya smartphone atau kamera untuk mengabadikan setiap momen keharmonisan, kesenangan dan terindah yang tercipta.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait

Tambahkan aplikasi Pojok Pantura di smartphone tanpa install, buka website Pojok Pantura dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya kamu sudah dapat mengakses website Pojok Pantura dengan sekali klik dari layar utama smartphone Anda.