Pojok PanturaPojok Pantura

Pesona Wisata Curug Sibedil Pemalang yang Jarang Diketahui Wisatawan

 Pesona Wisata Curug Sibedil Pemalang yang Jarang Diketahui Wisatawan | Pesona Wisata Curug Sibedil Pemalang yang Jarang Diketahui Wisatawan yang ternyata sangat indah sekali | Pojok Pantura

Sebagaimana di daerah lain yang memiliki banyak sekali wisata alam penuh dengan pesona, kabupaten Pemalang pun seperti itu. Mulai dari pantai Widuri, Taman Langit, Bukit Tangkeban, Bendungan Mejagong sampai Gunung Slamet menjadi deretan tempat wisata favorit wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam ciptaan Allah SWT.

Selain tempat-tempat wisata di atas, masih banyak yang belum diketahui atau dijamah wisatawan dari luar Pemalang. Bukan karena tempatnya yang representative, tetapi karena promosinya yang kurang massif. Salah satu tempat wisata alam tersebut ialah Curug Sibedil. Destinasi wisata curug sibedil ini berlokasi di desa Sima Moga Pemalang wilayah selatan.

Wisata berupa air terjun ini masih jarang dihampiri oleh wisatawan luar daerah. Jadi masih terlihat asri dan alami. Sehingga wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang menyejukkan dan pepohonan yang rindang. Apalagi ketika wisatawan memutuskan untuk menikmati air di bawah curug, pastilah akan menyegarkan dan mendapatkan sensasi yang tak dapat di wisata manapun.

Diketahui, wisata curug sibedil Pemalang ini memiliki ketinggian air terjunnya lebih kurang 10 meter. Tak terlalu tinggi dan tak terlalu pendek serta debit air terjun yang turun ke bawah pun sedang-sedang saja. Hal ini membuat aman, wisatawan yang ingin berenang dan berendam di bawah wisata curug sibedil Pemalang tersebut.

Para wisatawan akan merasa sejuk disitu sebab pohon yang rimbun di atas air terjun nyaris menutup sinar matahari ke bawah. Beberapa pancuran di wisata curug sibedil Pemalang ini pun menambah indah destinasi ciptaan Allah tersebut, yang perlu dinikmati tanpa harus dicemari dan rusak. Dengan harga tiket masuk plus biaya parkir tak sampai Rp. 10.000 ini membuat tempat wisata ini bisa dikunjungi oleh siapapun. Baik bagi orang yang berkantong tipis maupun tebal.

Dari Namanya saja, sudah bisa ditebak, bahwa wisata curug sibedil Pemalang ini ada kaitannya dengan senapan. Sebab senapan kalau dalam Bahasa Jawa artinya bedil. Benar saja, di area wisata curug sibedil itu, ada sebongkah batu yang bergaya moncong, seolah-olah terlihat seperti bagian dari ujung senapan. Menurut cerita yang beredar di warga desa itu, bahwa ketika malam hari tiba, tepatnya di malam jumat kliwon, dari area curug muncul sebuah suara tembakan yang disinyalir keluar dari batu mirip moncong senapan itu. Akan tetapi, sudah lama fenomena itu sudah tak terdengar lagi hingga kini.

Pesona Wisata Curug Sibedil Pemalang yang Jarang Diketahui Wisatawan

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan curug wisata sibedil Pemalang ini perlu berjalan kaki. Kurang lebih 100 meter dari tempat parker wisatawan berjalan kaki hingga sampai air terjun. Akan tetapi tak perlu khawatir, karena medan yang akan dilalui tak terlalu sulit. Sisi positif lainnya ialah wisatawan bisa berolahraga ringan sembari menikmati keasrian perkampungan dan persawahan desa Sima. harus melakukannya dengan cara berjalan kaki.

Setelah dekat dengan curug yang akan dituju, kalian disambut dengan sebuah jembatan cantik yang terbuat dari besi. Jembatan itu juga memberikan pemandangan yang cantik dan cocok untuk dijadikan sebagai objek berswa foto. Namun wisatawan harus bergantian untuk melewatinya. Karena jembatan itu tak terlalu lebar. Pohon-pohon rindang yang mencapai bagian atap jembatan berbentuk melengkung ini, merupakan pohon bambu yang ditanam di sisi kanan dan kiri jembatan.

Biasanya wisata curug sibedil Pemalang ini mulai beroperasi di setiap harinya pada pukul 07.00-17.00 WIB. Beberapa fasilitas yang berana di area wisata curug sibedil Pemalang, diantaranya adalah toilet, warung makanan, tenda kecil sebagai tempat beristirahat, serta area parkir kendaraan dan lain sebagainya. Tentu destinasi wisata ini akan terus dikembangkan dan diperindah, mengingat jumlah wisatawannya sudah mulai banyak dan meningkatnya perhatian pemerintah akan potensi wisata tersebut.

Para wisatawan tak perlu risau tersasar jika ingin menuju ke lokasi curug sibedil Pemalang. Karena di googlemaps sudah bisa mencarinya dengan mengetik “Objek Wisata Curug Sibedil”. Jika dari alun-alun kota Pemalang, para wisatawan akan menempuh jarak 43 KM dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam untuk sampai ke wisata curug sibedil Pemalang. Kalau dari Guci Tegal, wisatawan hanya berjarak 21 KM atau bisa ditempuh lebih kurang 30 menit.

Baca Juga: Watu Sangan, Objek Wisata Baru Di Kabupaten Pemalang

Jadi para wisatawan yang sudah punya rencana mengeksplore keindahan wisata alam di Pemalang dan sekitarnya, Wisata Curug Sibedil Pemalang layak dijadikan salah satu tempat destinasi wisata yang dikunjungi. Dengan berbagai keindahan alam dan keasrian serta kesejukan lingkungannya membuat daya tarik tersendiri dariWisata Curug Sibedil Pemalang.

Gambar Produk

Gambar Produk

Gambar Produk

Gambar Produk

Gambar Produk