Pojok Pantura

Pekalongan,

Program Kudu Sekolah Pemkab Pekalongan Raih Penghargaan dari Pemprov Jawa Tengah

PojokPantura.Com - Pemerintah Kabupaten Pekalongan baru-baru ini raih juara ke-3 kategori kabupaten dalam penghargaan pembangunan daerah (PPD) tahun 2021. Penghargaan ini diprakarsai setiap tahun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Capaian Pemkab Pekalongan kali ini berkat program kebijakan “Kudu Sekolah”. Diketahui tema yang diusung yakni "Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Melalui Gerakan Kudu Sekolah".

Pasca raih penghargaan, Asip Kholbihi selaku Bupati Pekalongan menuturkan bahwa kebijakan “Kudu Sekolah” yang digerakkan Pemkab Pekalongan ini bertujuan untuk mendorong kembali anak-anak yang dulu sempat drop out atau putus sekolah agar mau belajar kembali di sekolahan.

“Kudu Sekolah” dimaksudkan agar seluruh anak yang drop out berkesempatan sekolah lagi. Kita punya program, menciptakan aplikasinya, kemudian intervensi program dari pemerintah yang didukung oleh seluruh kekuatan.” Tuturnya.

“Dengan cara seperti itu Alhamdulilah upaya untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia dan menghilangkan distorsi/dikotomi pendidikan di daerah atas/bawah, masyarakat kota/desa, masyarakat miskin/kaya, Alhamdulilah bisa kita hilangkan di kabupaten Pekalongan.” Tambah Asip.

Pemkab Pekalongan memang secara serius menjalankan program ‘Kudu Sekolah’. Hal ini dijelaskan oleh Bupati Pekalongan, bahwa pemerintahannya memiliki database semua anak yang putus sekolah secara detail. Mulai dari keluarganya, tempat tinggalnya dan penyebab anak itu putus sekolah.

Berawal dari database yang dibuat oleh OPD dan pihak terkait serta dibantu oleh masyarakat dalam pelaksanaan kebijakan inilah yang membuat program “Kudu Sekolah” diapresiasi oleh Pemprov Jateng.

“Inilah contoh, ketika semua komponen bergerak, bisa bersaing dengan daerah lain, maka akan ada reward yang akan kita dapatkan, meski bukan itu tujuannya. Tujuannya adalah membangun kredibilitas pemerintahan, agar tujuan utama mensejahterakan masyarakat kabupaten Pekalongan ini segera bisa kita wujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” tegas Asip Kholbihi.

Baca Juga: Warung di Kab. Pekalongan Ini Gratiskan Makan Siang 3 Kali Seminggu

Adapun penyerahan penghargaan pembangunan daerah tahun 2021 ini diselenggarakan pada Rabu pagi (14/04) di gedung Gradhika Bhakti Praja kantor Gubernur Jawa Tengah Semarang. Penyerahan penghargaan secara simbolis kemarin ini langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait