Pojok PanturaPojok Pantura

Pemerintah Kabupaten Brebes Terima Baznas Awards Kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Baznas

Mas Popa
 Pemerintah Kabupaten Brebes Terima Baznas Awards Kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Baznas |  | Pojok Pantura
PojokPantura.Com, Brebes -

Noor Ahmad Katua Baznas RI menganugerahkan penghargaan Baznas Award Kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Baznas kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum pada Kamis (29/2/2024) di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto Jakarta.

Terkait penghargaan yang baru kali pertama diterima itu, Iwanuddin Iskandar merasa bersyukur dan berterima kasih atas kesadaran yang tinggi dalam membayar zakat kepada Baznas Kabupaten Brebes kepada masyarakat Brebes khususnya kepada ASN yang sudah dari dulu telah membayar zakatnya melalui Baznas.

Iwanuddin berkata, “Terima kasih, semoga penghargaan ini dapat menambah keberkahan bagi kita semua dan baznas Kabupaten Brebes bisa semakin maju”.

Sementara H Abdul Haris Ketua Baznas Brebes yang saat itu ikut hadir menerangkan, ada keunggulan yang dimiliki oleh Baznas Kab. Brebes yaitu memiliki Rumah Sehat Baznas (RSB) yang melayanani kesehatan gratis bagi mustahik dan fakir miskin. Rumah Sehat Baznas kini tiap harinya sudah bisa melayani 70 orang pasien.

Haris berkata, Baznas Kab. Brebes pada tahun 2023 telah berhasil mengumpulkan zakat, infak, dan sedekah sebesar Rp9,02 miliar, sedang tahun sebelumnya sebesar Rp 6,1 miliar.

Untuk pentasyarufannya, untuk pendidikan Baznas Brebes mempunyai program Brebes Cerdas, untuk bencana ada Brebes Peduli, untuk Zakat Produktif ada program Brebes Ekonomi, untuk bidang keagamaan ada Brebes Takwa dan kesehatan ada RSB dengan bantuan pembiayaan kesehatannya.

“Untuk prosentase pentasyrufannya yaitu 90 persen dari total yang Baznas terima ”, kata Haris.

Haris melanjutkan, untuk zakat konsumtif kami tasyarufkan melalui Peduli Bencana, Lansia, Stunting, PMT, sunatan masal, operasi bibir sumbing, katarak, dan nyeri sendi. Sedang untuk zakat produktif diantaranya yaitu untuk pelatihan, pemberian modal, Ztea, ZChiken.

Baca Juga: Kasus Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa Oleh Kades Pakujati, Sudah Ditangani Kejari Brebes Untuk Disidangkan

Dalam acara penerimaan penghargaan Baznas Award Kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Baznas tersebut nampak juga hadir Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesra Khaerul Abidin.

brebesnews[dot]co/pemkab-brebes-terima-baznas-award