Pojok Pantura

Nasional,

Menteri Sandi: 4 Akses Akan Diberikan Kemenparekraf Untuk UMKM

PojokPantura.Com - Terpuruknya ekonomi di Indonesia akibat pandemi covid-19 terutama yang dialami oleh sector Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mendapat perhatian serius dari Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Menteri yang juga pengusaha sukses ini berkeinginan untuk memajukan UMKM terutama yang berlokasi di desa-desa wisata. Sandi mengatakan, sekarang pihaknya sedang mendorong agar UMKM di daerah wisata untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

Ia juga memastikan pihaknya akan berjuang mendampingi pelaku UMKM dalam mendapatkan 4 akses untuk mengembangkan usahanya. 4 akses yang dimaksud adalah akses pelatihan, pasar, permodalan dan skill up.

"Kita ingin pendampingan segera. Pokoknya kita akan all out mendampingi, karena saya menyakini, selain pelatihan harus didampingi, di on boarding. Setelah itu kita pastikan mereka memiliki akses ke pasar, akses kepada permodalan dan juga akses untuk mereka skill up," ujar Sandi.

Dalam mengupayakan program tersebut, Sandi mengatakan pihaknya tentu akan menjalin dengan pemerintah daerah terkait. Hal ini supaya program ini bermanfaat dan tepat sasaran.

Sandi juga menambakan bahwa nanti pihaknya akan menurunkan 2 deputi Kemenparekraf yang terkait untuk mendampingi UMKM di desa wisata dapat memasarkan produk mereka, baik melalui media sosial maupun marketplace. Jadi tidak hanya dipasarkan secara konvensional saja.

"Nanti ada dua deputi yang diterjunkan. Deputi yang membidangi pengembangan destinasi yaitu Deputi 3 dan Deputi 7 yang membidangi teknologi digital," tambah Sandiaga.

Baca Juga: Kapolri Listyo Sigit Wajibkan Anggotanya Belajar Kitab Kuning Untuk Cegah Ekstremisme dan Terorisme

Perlu diketahui, menurut Badan Pusat Statistik (BPS), total UMKM di Indonesia tahun 2020 berjumlah 64 juta. Jadi UMKM bisa dikatakan sebagai salah satu unsur penggerak perekonomian terbesar di Indonesia.

Berbagi Itu Peduli

Tulisan Terkait